Jika Anda Bisa Mengetik dan Akses Internet, Anda Sudah Memiliki Syarat yang Cukup Untuk Menghasilkan Uang dari Bisnis Tiket Pesawat Online

BISNIS YANG BIASA TETAPI MEMILIKI POTENSI PENGHASILAN YANG LUAR BIASA

Apakah anda sudah siap untuk Bergabung??

Bergabung? silahkan klik disini

Kamis, 23 Februari 2012

koran terbaru - berita seputar indonesia

koran terbaru - berita seputar indonesia


Tatanan Rambut Paling Mengesankan di Oscar

Posted: 22 Feb 2012 08:54 PM PST

Red karpet menjadi ajang tampil memikat (Ivillage)

VIVAnews – Ajang Academy Awards tinggal menunggu waktu. Selain acara inti penyerahan penghargaan, tentu saja red carpet yang bertabur bintang selalu ditunggu. Ini memang selalu menarik untuk dilihat ataupun dikomentari. Mulai dari aktris dengan busana terbaik, atau bahkan busana terburuk. Begitu juga dengan riasan yang berhasil mencuri perhatian.

Nah sebelum muncul bintang baru yang menyandang riasan rambut paling mengesankan tahun ini, tidak ada salahnya sedikit kita tengok ke belakang siapa saja artis yang sudah mendapat predikat ini, seperti di kutip instyle.com.

2010 – Sandra Bullock
Pemilihan tatanan rambutnya sangat tepat. Bullock berhasil tampil cantik dengan rambut lurus dengan belahan samping. Ia hanya memberikan blow pada bagian bawah rambut untuk menyempurnakan layer.

2004 – Charlize Theron
Potongan bob dengan efek wave ini menbuat Charlize Theron tampak lebih seksi. Apalagi dengan warna keemasan yang tampil natural. 

2002 –  Gwyneth Paltrow
Braided selalu bisa membuat tampilan menjadi lebih unik. Saat melenggang di karpet merah, Ia hanya menata rambutnya dengan cepol sederhana yang dihiasi kepang pada salah satu sisinya. Pulasan riasan smokey juga tampak pas untuk gaya rambut ini. Tahun ini gaya kepang juga akan kembali menjadi tren.

2002 –  Halle Berry
Potongan rambut pixie seakan sudah menjadi trademark-nya, bahkan guntingan ini sempat ditiru banyak orang dan sempat menjadi tren. Aktris dengan kulit berkilau ini hanya menata rambut coklatnya dengan wax untuk memberikan kesan sehat dan berkilau. Lipstik glossy juga menjadi andalan untuk tampil segar.

2001 – Julia Roberts
Aktris yang meraih Best Actress ini selalu berhasil tampil elegan. Saat menghadiri Oscar, Ia menata rambutnya dengan cepol di sisi kiri. Sedikit sasakan pada bagaian atas sengaja dibuat untuk menyeimbangakan tatanan. Sanggul ini juga sempat menjadi tatanan favorit untuk menghadiri undangan pesta. 

2000 – Hilary Swank
Swank yang menggunting rambutnya dengan potongan pendek, hanya menata dengan sedikit blow out. Ia menonjolkannya dengan warna merah yang mengesankan. Sedangkan untuk riasan mata, Swank membubuhkan eyeshadow silver pada sudut mata untuk kesan segar.

1998 – Minnie Driver
Gaya ini mungkin terlihat konvensional, namun di zamannya, tentu ini menjadi acuan banyak orang. Ya, rambut superikal dengan warna coklat kemerahan. Driver menambahkan lipstik merah menyala untuk riasannya. Bagi Anda yang memiliki kulit kecoklatan, jangan coba-coba meniru riasan ini. 

1993 – Elizabeth Taylor
Sepertinya hanya Elizabeth Taylor yang berani menggunakan dandanan seperti ini. Gaya rambut pendek yang disasak super untuk memberikan volume. Taylor juga menggunakan riasan tajam pada mata dengan menyapukan eyeshadow berwarna gelap, maskara tebal, dan alis tebal. Semuanya serba berat. 

1986 – Cher
Gaya rambut Cher sebenarnya tampak aneh, entah mendapatkan ide dari mana sehingga ia memutuskan bergaya "kipas" seperti ini. Cher membuat rambutnya seperti hiasan kepala dengan tatanan kristal yang juga turut menghias.

1979 – Meryl Streep
Dari sekian banyak akrtis yang menghadiri acara special seperti Oscar ini, mungkin hanya Meryl Streep yang membiarkan rambutnya tergerai alami. Streep yang memberikan blow yang tidak terlalu berat. 

Jeli Menjaga Kesuburan Buah Hati Sejak Dini

Posted: 22 Feb 2012 08:49 PM PST

Kesuburan berkurang 30 persen bila kehilangan satu testis dan 50 persen bila dua testis. (Reuters Photo)

VIVAnews – Pada pasangan suami istri yang belum dikaruniai momongan lebih dari setahun tanpa kontrasepsi, pihak istri seringkali dituding sebagai sumber masalah. Padahal, pria juga menyumbang setengah masalah ketidaksuburan.

Penyebab ketidaksuburan pada pria yang berasal dari spermatozoa seringkali dimulai sejak bayi baru lahir. Bagi orang tua yang memiliki bayi laki-laki, perhatikan dengan seksama kondisi fisik bayi laki-laki Anda. Sebab ada beberapa hal yang sejak dini akan memengaruhi kehidupan buah hati saat dewasa, termasuk kesuburan mereka.

Dr dr Nur Rasyid SpU, pakar Urologi dari Rumah Sakit Asri menyebutkan, sekitar 2 hingga 5 persen bayi laki-laki yang lahir ternyata mengalami  testis yang tak turun ke skrotum atau kantung zakar. Dr Nur Rasyid menjelaskan, selama dalam kandungan, testis pada janin laki-laki awalnya berada dalam perut. Setelah usia kandungan tujuh bulan, normalnya testis akan turun ke skrotum.

Penggunaan obat-obatan hormon selama bayi dalam kandungan bisa berdampak pada perkembangan testis janin. Dr Rasyid yang juga Ketua Asri Urology Center menyontohkan, hal ini bisa terjadi pada wanita yang masih menggunakan kontrasepsi hormon namun tak mengetahui dirinya tengah mengandung. “Hal ini akan memengaruhi perkembangan testis.”

Saat lahir, sebagian bayi mengalami kondisi dengan satu testis atau kedua testis tak ada di kantungnya. “Bisa saja testis berada di atas testis, lipatan paha, di perut atau tersesat pada daerah yang tak seharusnya,” ungkapnya pada Seminar media bertajuk “Faktor Spermatozoa Penyebab Infertilitas Pria?” di Jakarta, Rabu, 22 Februari 2012.

Tidak adanya satu atau kedua testis bayi laki-laki pada tempatnya, akan memengaruhi produksi spermatozoa dan kesuburan anak kelak. Anak yang memiliki satu testis, peluang punya anak menurun 30 persen dan bila dua testis tak berada di tempatnya, peluang memiliki anak saat dewasa menurun hingga 50 persen.

Untuk itu, orang tua agar segera memeriksakan anak ke dokter anak untuk dilakukan operasi menurunkan testis. “Saat ini dunia kedokteran menganjurkan agar segera dilakukan operasi laparoskopi untuk menurunkan testis sebelum anak berusia satu tahun. Beberapa tahun lalu, dokter masih menyarankan menurunkan testis setelah anak berusia dua tahun,” katanya.

Dr Rasyid menjelaskan, operasi laparoskopi untuk mencari dan menurunkan testis setelah anak berusia dua tahun berpotensi mengurangi kesuburan, sebab testis telah mengalami perubahan bentuk. “Pada usia ini spermatogenesis berhenti namun hormon terus ada. Sebaiknya intervensi menurunkan testis pada anak dilakukan saat usia anak 6-12 bulan sehingga tetap menjaga peluang kesuburan anak kelak,” dia menuturkan.

Namun, bila ternyata seseorang baru menyadari hanya memiliki satu testis atau tidak memiliki testis sama sekali, tindakan biopsi harus tetap dilakukan. Ini karena pada orang dewasa dengan testis yang berada bukan di skrotum berisiko mengalami tumor testis.

Selain itu, masalah yang bisa menjadi penyebab ketidaksuburan pada remaja laki-laki adalah akibat terpuntir. Menurut Dr Rasyid, gejalanya adalah perasaan seperti ditendang di daerah kemaluan pria.

Saat terjadi keluhan, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Pemeriksaan dengan USG Doppler dalam enam jam pertama dapat mengidentifikasi gangguan ini. “Bila kurang dari enam jam masih bisa ditangani dan memperbaikinya. Setelahnya, testis yang terpuntir harus dibuang karena tubuh akan menganggapnya benda asing dan akan menyerang testis. Pada akhirnya akan menurunkan kesuburannya.” ujarnya menambahkan.

Faktor ketidaksuburan dari spermatozoa lainnya adalah varikokel,idiopatik (tidak diketahui), genetik, sumbatan saluran spermatozoa (obstruksi), kelainan bawaan lahir, infeksi menular seksual dan gangguan hormon serta gaya hidup tak sehat.

Jadi, para orangtua jagalah kesehatan reproduksi anak sejak usia dini untuk masa depannya kelak! (eh)

“Chatting” Dominasi Penggunaan Internet “Mobile” di Indonesia

Posted: 22 Feb 2012 06:08 PM PST

JAKARTA, KoranBaru.com – Jumlah pengguna internet di Indonesia yang dirilis berbagai lembaga survei dinilai masih diragukan. Gara-garanya, jumlah pengguna internet itu tidak murni melakukan akses internet secara utuh.

Pemerhati IT, Michael S Sunggiardi mengatakan jumlah pengguna internet Indonesia berdasarkan World Economic Forum naik dari posisi 68 ke posisi 53 dunia. Ini berarti ada lonjakan besar dalam penetrasi pengguna internet di tanah air.

“Masalahnya ada miss used (penyalahgunaan fungsi) internet. Jumlah pengguna internet di Indonesia besar karena penggunaan BlackBerry, Facebook, dan Twitter. Biasanya mereka menggunakan untuk chatting dan mengakses jejaring sosial saja, tidak menggunakan internet sebagaimana mestinya,” kata Michael saat diskusi Cloud Computing: A New Jargon, Technology or Business Model? di Hotel Shangri-La Jakarta, Rabu (22/2/2012).

Dari risetnya, masyarakat Indonesia yang kini berjumlah sekitar 230 juta jiwa, 80 juta pengguna diantaranya sudah memanfaatkan teknologi internet. Namun, dari jumlah tersebut ada sekitar 70 juta pengguna yang merupakan pelanggan internet mobile.

Namun, menurut Michael, sebagian besar pengguna internet mobile tersebut hanya menggunakan fungsi internet untuk chatting dan mengakses jejaring sosial, bukan mengakses data baik mengunduh atau mengunggah informasi penting di internet.

Hal itu bisa dibuktikan dengan masyarakat Indonesia yang menjadi pengguna Facebook terbesar kedua di dunia dan pengguna Twitter terbesar ketiga di dunia.

Apalagi, masyarakat Indonesia dinilai terlalu adaptif dalam mengadopsi teknologi yang datang, khususnya dari luar negeri.

“Biasanya teknologi yang tidak laku di luar negeri, ternyata justru malah laku di sini,” katanya.

Kejar Target 2012, SAP Indonesia Susun Strategi Khusus

Posted: 22 Feb 2012 06:00 PM PST

JAKARTA, KoranBaru.com – PT. SAP Indonesia baru saja menunjuk Managing Director yang menjabat sejak Januari 2012. Singgih Wandojo, bos baru SAP Indonesia tersebut menargetkan pertumbuhan 70 persen untuk tahun 2012. Untuk meraih angka tersebut, ada tiga strategi Singgih yang akan dilakukan sepanjang tahun 2012.

Tiga strategi tersebut adalah pada layanan cloud computing, database, dan technology, serta mobile application. Tiga strategi ini merujuk kepada tren teknologi di tahun 2012 yang diamati oleh lelaki yang telah berkecimpung di dunia TI selama 23 tahun ini.

Tren teknologi tahun 2012 menurut Singgih adalah :
1. Connectivity
Konektivitas berarti bahwa semua hal yang dilakukan oleh masyarakat di tahun 2012 akan berhubungan dengan konektivitas secara mobile. Tren perusahaan adalah bagaimana karyawannya bisa terkoneksi dengan corporate backbone.

Oleh karena itu, SAP Indonesia ingin masuk ke perangkat mobile di tahun ini dengan menyediakan aplikasi mobile yang membantu kinerja perusahaan yang menjadi pelanggan SAP.

2. Big Data

Berdasarkan penelitian SAP Indonesia, volume data akan meningkat dua kali lipat setiap 18 bulan. Dan 85 persen dari volume data tersebut merupakan data bisnis. Untuk itulah SAP ingin masuk ke sektor pengelolaan data bagi perusahaan.

3. Cloud Computing

Teknologi Cloud Computing diakui Singgih memang sedang tumbuh di Indonesia. Namun sebagian besar perusahaan penyedia layanan cloud bermain di platform dan infrastruktur.

SAP tidak akan bermain di dua layanan tersebut. SAP Indonesia akan mengambil bagian dalam cloud computing dengan menyediakan “Software as a Services” (SAS).

4. Social Media

Perkembangan sosial media, membuat SAP tertarik untuk ikut serta meramaikan platform yang memiliki jumlah audiens yang sangat besar di seluruh dunia ini.

“Social Media saat ini bukan hanya digunakan untuk personal use, tetapi juga untuk marketing perusahaan, bahkan untuk menyebarkan kebijakan pemerintah dan mencari tahu feedback dari masyarakat secara langsung,” jelas Singgih. Untuk itulah SAP Indonesia juga telah memiliki Facebook Page sehingga program terbaru akan selalu dipublikasikan melalui Facebook.

Untuk mengikuti 4 tren teknologi di tahun 2012 tersebut, maka SAP Indonesia akan fokus pada tiga strategi, yakni :

1. Cloud Computing
SAP Indonesia akan melanjutkan layanan cloud computing dengan menyediakan perangkat lunak. SAP Indonesia akan terus berkecimpung di Software as aService (SAS) yang membarikan layanan berlangganan bagi perusahaan yang ingin menggunakan cloud.

2. Mobile Application

SAP Indonesia akan mengembangkan aplikasi mobile yang memungkinkan perusahaan yang menjadi pelanggan SAP dapat melakukan transaksi bisnis menggunakan perangkat bergerak.

SAP Indonesia akan membangun business inteligent on demand bagi perusahaan daam meningkatkan kinerja karyawan khususnya yang bekerja di lapangan.

3. Database dan Technology
Terobosan teknologi terbaru dari SAP Indonesia adalah SAP HANA (High Performance Appliance Analytics). SAP HANA merupakan real-time computing yang memungkinkan perusahaan menyimpan datanya di dalam memori, bukan hard disk. Hal ini akan berdampak pada kecepatan dalam proses pengolahan dan analisis data.

SAP HANA membantu organisasi bertindak berdasarkan informasi yang sedang terjadi (real time) dengan merevolusi cara pengambilan keputusan, meningkatkan kecepatan dari proses yang telah ada sebelumnya, dan mampu mengakses data dalam jumlah besar dalam periode yang lebih singkat.

Negara Butuh Rp50 T Bayar Remunerasi PNS

Posted: 22 Feb 2012 04:53 PM PST

Pegawai Negeri Sipil (PNS) (KoranBaru/Adri Irianto)

KoranBaru – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menyatakan negara membutuhkan dana sebesar Rp50 triliun jika implementasi program remunerasi merata di seluruh instansi pemerintah pusat. Dana ini dibutuhkan jika dilakukan pembayaran tunjangan kinerja atau remunerasi secara penuh pada tiap instansi.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar, mengatakan terdapat sekitar 70 kementerian dan lembaga di pemerintah pusat. Sementara itu, pembayaran secara penuh diperkirakan mulai diterapkan tiga hingga empat tahun mendatang.

“Dari kami sudah proses. Untuk dibayarkan remunerasi, ya nanti disesuaikan dengan kemampuan uang negara,” ujar Azwar di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu 22 Februari 2012.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi memproses 40 kementerian atau lembaga yang mengajukan program reformasi birokrasi. Sebanyak 20 kementerian atau lembaga sudah diproses, sedangkan sisanya sudah diterima.

Bagi kementerian atau lembaga yang sudah disetujui, pelaksanaan reformasi birokrasinya akan diteruskan. Azwar mencontohkan, Kementerian Keuangan sudah mencapai 100 persen, sedangkan Badan Pemeriksa Keuangan sebesar 70 persen, yang akan dinaikkan menjadi 86 persen.

“Sebanyak 40 kementerian atau lembaga akan kami kaji. Nanti kami lihat mana yang bisa lolos,” ujarnya.

Anggaran pembayaran tunjangan kinerja itu akan masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan 2012 atau APBN 2013. Azwar menambahkan, jika pembayaran remunerasi untuk seluruh pegawai di Indonesia, setidaknya membutuhkan Rp250 triliun. Namun, hal itu sulit terwujud dalam waktu dekat.

“Paling 10 tahun ke depan semua bisa dapat. Saat APBN kita Rp5.000-6.000 triliun,” tuturnya. (art)

Kepemilikan Properti RI Kalah dari Malaysia

Posted: 22 Feb 2012 04:41 PM PST

Kepemilikan rumah di Indonesia masih kalah dibandingkan Malaysia (KoranBaru/Muhamad Solihin)

KoranBaru - Jaringan website properti, iProperti Group, mengungkapkan mayoritas penduduk Indonesia belum menjadikan properti sebagai instrumen investasi jangka panjang.

“Jenis properti lain seperti perumahan yang disubsidi oleh pemerintah, hotel, dan ruko hanya dipilih sebagian kecil masyarakat Indonesia,” kata Chief Executive Officer (CEO) iProperti Group, Shaun Gregorio, dalam keterangan tertulis yang diterima KoranBaru.com, Rabu, 22 Februari 2012.

Dari survei iProperti, mayoritas penduduk Indonesia yang disurvei telah memiliki rumah sebesar 91,2 persen. Sementara itu, 4,9 persen lainnya memiliki apartemen.

Shaun mengungkapkan, dalam survei itu juga diketahui bahwa 33,6 persen dari sampel yang disurvei, memiliki satu atau lebih properti. Namun, dibandingkan negara lain, kepemilikan properti Indonesia dinilai lebih rendah.

“Misalnya Malaysia sebesar 40 persen. Penduduk Malaysia memiliki dua atau lebih properti dan merupakan proporsi yang lebih tinggi dibandingkan di negara lain,” ujar dia.

Shaun berharap, para pengembang properti ke depan bisa membantu mendorong masyarakat Indonesia memiliki properti. Lebih jauh, mereka diharapkan bisa menjadikan properti tersebut sebagai investasi jangka panjang.

Berdasarkan survei dari Badan Pusat Statistik pada 2010, kebutuhan rumah layak tinggal di Indonesia mencapai hingga 13 juta unit dari jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 240 juta jiwa.

Saat ini, sekitar 78 persen dari jumlah penduduk itu telah menempati properti yang layak sebagai tempat tinggal. Sementara itu, sisanya sebesar 21 persen atau sekitar 13 juta keluarga belum menempati properti pribadi. (art)

Bangun 2 Properti, Promotor Ini Rogoh Rp765 M

Posted: 22 Feb 2012 04:29 PM PST

Pembangunan properti (KoranBaru/Ikhwan Yanuar)

KoranBaru – Perusahaan promotor dan event organizer, PT Prima Java Kreasi yang lebih dikenal dengan Big Daddy menyiapkan anggaran belanja (Capital Expenditure/Capex) 2012-2013 sebesar US$85 juta atau sekitar Rp765,76 miliar untuk membangun dua proyek properti.

Kedua proyek itu adalah Convention Hall di Pecatu, Bali dan kawasan sekolah sepakbola Liverpool Football Club di Cileungsi, Bogor.

Presiden Direktur Prima Java Kreasi, Michael Rusli menuturkan, kedua proyek itu sedang berjalan dan ditargetkan akan selesai dibangun selama dua tahun. “Selain bergerak di Event Organizer, kita juga investasi di infrastruktur. Kita bangun venue dua,” kata dia ketika ditemui di Senayan City, Jakarta, Rabu 22 Februari 2012.

Menurutnya, anggaran sebanyak US$85 juta itu nantinya terdiri dari Rp200 miliar akan digunakan untuk membangun kedua proyek. Sedangkan sisanya untuk operasional perusahaan.

Dana tersebut, Michael menambahkan, diharapkan akan berasal dari hasil penawaran perdana saham (initial public offering/IPO) sebanyak Rp250-300 juta, dan pinajaman bank sebanyak US$50 juta. “Nanti dana IPO untuk refinancing dan bangun venue,” ujarnya.

Dana pinjaman dari bank itu, lanjut Michael, berasal dari perbankan di Singapura. Rencananya, jika melakukan IPO, maka utang itu akan di bayar dengan penjatahan saham.

Proyek pembangunan Convention Hall di Bali, kata Michael, saat ini baru melakukan pembelian lahan seluas 10,8 hektare. Ia berharap, proyek ini akan selesai pada akhir 2013 atau awal 2014 mendatang.

“Kita mau bikin convention center, Bu Mari Elka (Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif) bilang kalau Bali mau dibuat MICE, jadi kita dalam rangka mendukung itu,” tuturnya.

Sementara itu, untuk proyek di Cileungsi Bogor, Michael menuturkan, saat ini sudah berjalan pembangunannya. Luas lahan yang digunakan untuk membangun sekolah Liverpool Football Club mencapai 45 hektare.

Nantinya, selain sekolah sepakbola, juga akan terdapat Movie and Film School, penginapan, dan sekolah-sekolah pencarian bakat lainnya. “Kita mau identifikasi talent Indonesiam kalau ada yang bagus maka akan di kirim langsung ke Liverpool,” kata dia.

Begini Cara Pemerintah Tekan Pengangguran

Posted: 22 Feb 2012 04:20 PM PST

Program magang dinilai mampu menyiapkan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan pasar. (KoranBaru/Tri Saputro)

KoranBaru – Pemerintah akan mendorong pola pemagangan di perusahaan-perusahaan. Upaya itu untuk menekan angka pengangguran.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar, di sela Pencanangan Gerakan Nasional Pemagangan di Cilegon, Banten, Rabu 22 Februari 2012, mengatakan, pemagangan dinilai mampu menyiapkan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan pasar. Selain itu, pemagangan berperan menjadi jembatan antara dunia pendidikan dan kebutuhan perusahaan atau lapangan pekerjaan.

"Pemagangan di perusahaan akan membantu pengentasan pengangguran dan peningkatan kualitas tenaga kerja Indonesia," kata Muhaimin dalam keterangan tertulis.

Muhaimin mengungkapkan, kondisi ketenagakerjaan Indonesia memerlukan perhatian yang serius. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, November 2011, jumlah angkatan kerja di Indonesia pada Agustus mencapai 117,4 juta orang, sedangkan jumlah penganggur sebanyak 7,7 juta orang. Tingkat pengangguran terbuka mencapai 6,56 persen.

"Perusahaan memiliki peranan yang sangat strategis dalam menekan angka pengangguran, sekaligus meningkatkan keterampilan tenaga kerja. Salah satunya dengan melakukan pemagangan," ujar Muhaimin.

Pemagangan bukan hanya untuk peningkatan kualitas tenaga kerja, tetapi juga dapat mendorong perusahaan meningkatkan produktivitas usahanya.

Bagi calon tenaga kerja dan tenaga kerja, pemagangan juga membantu meningkatkan kompetensi dan pengalaman kerja, sehingga tenaga kerja secara cepat terserap di pasar kerja. “Kompetensi dan pengalaman kerja merupakan faktor penting untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja dan perusahaan,” katanya.

“Pelaksanaan pemagangan merupakan langkah konkret pemerintah melaksanakan konsep link and match, yaitu memastikan dunia pendidikan dan pelatihan selaras dengan kebutuhan dunia kerja, serta memastikan lulusan pendidikan dan pelatihan kerja terserap sepenuhnya dalam dunia kerja,” kata dia.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Sofjan Wanandi, mendukung program pemagangan. Untuk itu, dia berjanji akan secara aktif mendorong dan menyosialisasikan program pemagangan itu ke seluruh perusahaan, khususnya anggota Apindo.

"Kami mendorong agar perusahaan-perusahaan melaksanakan program pemagangan, karena manfaatnya langsung dapat dirasakan oleh perusahaan," ujar Sofjan.

Selain itu, Apindo bersama pemangku kepentingan lainnya akan menyusun rencana strategis pengembangan kewirausahaan pemuda-pemudi program pengembangan kewirausahaan. "Apindo juga akan memfasilitasi akses pekerja yang bersedia membina, melatih, dan bermitra untuk menyelenggarakan program pemagangan perusahaan," tuturnya. (art)

Promotor Big Daddy Masuk Bursa Tahun Ini

Posted: 22 Feb 2012 04:15 PM PST

Salah satu kegiatan konser. (KoranBaru/Ikhwan Yanuar)

KoranBaru – Perusahaan promotor dan event organizer, PT Prima Java Kreasi yang lebih dikenal dengan “Big Daddy” akan go public atau menawarkan saham perdana ke publik (initial public offering/IPO) tahun ini.

Presiden Direktur Prima Java Kreasi, Michael Rusli, mengatakan bahwa perusahaannya mengincar dana sekitar Rp250-300 miliar dari rencana IPO tersebut.

“IPO memang kami sudah ready. Kami sebelumnya mengumumkan tahun lalu, tapi underwriter-nya tahun lalu malah IPO sendiri,” kata Michael ketika ditemui di Senayan City, Jakarta, Rabu 22 Februari 2012.

Menurut Michael, perusahaan merencanakan untuk menggelar IPO pada semester pertama tahun ini. Namun, saat ini masih menunggu persiapan yaitu tutup buku keuangan pada Februari atau Maret 2012.

Dia mengakui, untuk penjamin emisi efek sudah ada 2-3 perusahaan. Namun, ia belum bersedia mengumumkannya. Perusahaan berencana melepas sekitar 35-40 persen saham baru.

IPO tersebut, Michael melanjutkan, cukup penting bagi perusahaan. Hal itu terjadi karena perusahaan adalah event organizer yang sering mendatangkan artis-artis mancanegara, sehingga akan selalu bekerja sama dengan perusahaan asing.

Untuk itu, dia melanjutkan, dibutuhkan kepercayaan dari perusahaan asing agar bisa lebih mudah dalam proses kerja sama. “IPO ini sangat penting, perusahaan jadi ada nilainya. Kalau mau ekspansi juga bisa mudah. Ini sebagai transparansi, kepercayaan, sehingga lebih kredibel,” ujarnya.

Michael menjelaskan, Prima Java Kreasi secara entitas mempunyai tiga anak usaha yaitu sekolah sepakbola Liverpool Football Academy yang bertempat di Cileungsi, Bogor. Anak usaha di bidang properti yaitu Maximal Land, yang nantinya terdapat di Pecatu, Bali dan Cileungsi, Bogor. Terakhir, terdapat perusahaan advertising, billboard, yang menangani iklan, advertising, dan lainnya.

Kemudian, dia menambahkan, juga terdapat divisi-divisi usaha, di antaranya divisi penjualan tiket online My Ticket, divisi penyewaan sound system konser, divisi carnaval, sports, dan family show. “Semua mendukung ke EO,” ungkapnya.

“Yang akan IPO itu induknya. Saat ini, induk mempunyai revenue terbesar. Tetapi memang, anak-anak usaha itu untuk mendukung revenue induknya,” ujarnya. (art)

Harga Pokok Beras Naik Jadi Rp6.600 Per Kg

Posted: 22 Feb 2012 04:00 PM PST

Menteri Pertanian Suswono dan Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa. (Antara/ Sahrul Manda Tikupadang)

KoranBaru – Pemerintah menetapkan harga pokok pembelian (HPP) beras baru sebesar Rp6.600 per kilogram, naik dari HPP beras sebelumnya yang hanya Rp5.060 per kilogram.

“Sudah diputuskan untuk beras itu Rp6.600 per kg. Tentu, itu jadi dasar Bulog untuk bisa membeli pada harga tersebut,” kata Menteri Pertanian, Suswono, di Jakarta, Rabu 22 Februari 2012.

Suswono menjelaskan, dengan panen raya yang sudah masuk sekarang ini,  Bulog harus optimal menyerap sebanyak mungkin beras dari dalam negeri. Bulog, lanjutnya, harus menjemput bola ke petani-petani, tidak hanya dalam posisi menunggu.

Dengan adanya HPP baru ini, kata Suswono, penyerapan Bulog harus berkonsentrasi membeli beras dalam negeri sehingga Indonesia tidak lagi mengimpor beras pada Februari 2012 ini. “Dan yang impor jika dimungkinkan bukan bulan ini,” tuturnya.

Ia menjelaskan, pada 2012 ini Bulog mempunyai target untuk menyerap beras sebanyak empat juta ton, dan jika itu semua dapat dipenuhi oleh beras dalam negeri akan bagus.

HPP baru ini, mulai berlaku pada Rabu 22 Februari 2012 dan akan dicantumkan dalam bentuk Instruksi Presiden. Sementara itu, Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa, menjelaskan HPP baru sudah cukup bagus dan dapat membuat petani Indonesia lebih makmur. “Sudah disetujui, aman, dan tentram,” katanya.

BBM Naik, Rakyat Miskin Dapat Kompensasi

Posted: 22 Feb 2012 03:48 PM PST

Selain berupa BLT, kompensasi kenaikan BBM juga berupa kupon uang transportasi. (KoranBaru/Anhar Rizki Affandi)

KoranBaru – Menteri Energi Sumber Daya Mineral Jero Wacik menyatakan berdasarkan kajian konsorsium perguruan tinggi yang dipimpin Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung, kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi harus dibarengi dengan kompensasi.

“Kajian sudah selesai, di dalamnya termasuk kalau ada perubahan (harga BBM), harus menyiapkan kompensasi,” kata Jero Wacik di Istana Negara, Rabu 22 Februari 2012.

Menurut Wacik, kompensasi tersebut selain berupa bantuan langsung tunai (BLT), juga dalam bentuk kupon uang transportasi yang akan dibagikan untuk masyarakat yang menggunakan angkutan umum.

“Bantuan langsung kepada rakyat yang sedang berdampak, sedang dikaji. Biar rakyat tidak berat lah,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjelaskan bagi masyarakat yang terdampak pada kenaikan harga BBM serta inflasi maka pemerintah akan memberikan bantuan langsung sementara. “Bantuannya bisa kita pikirkan, yang dulu pernah kita lakukan atau kita modifikasi yang itu memang tepat,” katanya.

Bahkan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memerintahkan dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) Badan Usaha Milik Negara dialihkan untuk memberikan bantuan riil kepada masyarakat yang terkena dampak akibat kenaikan harga bahan bakar minyak. (umi)

Warga Perbatasan Masih Pakai Uang Lama

Posted: 22 Feb 2012 03:44 PM PST

Ilustrasi rupiah (KoranBaru/Nurcholis Anhari Lubis)

KoranBaru - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Soeparno mengungkapkan minimnya distribusi mata uang rupiah di daerah perbatasan membuat masyarakat masih menggunakan uang lama yang sebetulnya sudah tidak berlaku.

“Ini menyedihkan,” Kata Soeparno di Markas Besar TNI Anggkatan Laut, Cilangkap, Rabu 22 Februari 2012.

Hal senada juga diungkapkan Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas. Ia mengatakan dengan jumlah penduduk terbesar keempat dunia, yang tersebar lebih dari 17.499 pulau dan wilayah perbatasan sangat luas dan berbatasan dengan 11 negara tetangga, maka pendistribusian dan layanan kas di wilayah kepulauan khususnya pulau terpencil dan terluar harus diupayakan semaksimal mungkin.

“Uang lama bisa ditukar di kas Bank Indonesia yang berada di daerah tersebut, tapi kami tidak menarik peredaran mata uang asing ya, bisa marah mereka,” ujarnya.

Berdasarkan data Bank Indonesia, BI menyebarkan uang ke Kepulauan Sagihe dan Talaut Sulawesi Utara sebesar Rp5 miliar pada bulan Juli 2011. Setelah itu BI juga mendistribusikan uang tunai di Kepulauan Anambas dan Natuna, Kepulauan Riau, sebesar Rp5 miliar pada bulan Juli 2011. (umi)

Menkeu: Kenaikan BBM Bukan Solusi Terakhir

Posted: 22 Feb 2012 03:41 PM PST

Menteri Keuangan (Menkeu) Agus Martowardojo (KoranBaru/Adri Irianto)

KoranBaru – Menteri Keuangan (Menkeu) Agus Martowardojo menyatakan bahwa penjagaan kesehatan fiskal tidak hanya dengan menaikkan  bahan bakar minyak (BBM). Sebab, dalam penjagaan kesehatan fiskal, pemerintah masih memiliki cara lain.

Menurutnya, keputusan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menyesuaikan harga BBM adalah bentuk penjagaan kesehatan fiskal negara. Dia setuju perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara perlu segera dilaksanakan untuk merespon perkembangan global.
“Bagi saya, yang mengelola fiskal, itu sangat sejalan,” ujarnya saat ditemui di kantornya, Jakarta, Rabu 22 Februari 2012.

Pemerintah, lanjutnya, saat ini belum dapat memastikan apakah bentuk dari penjagaan kesehatan fiskal ini adalah hanya berupa kenaikan harga BBM. Sebab, dalam menjaga kesehatan fiskal tidak hanya berpegang dari kenaikan harga BBM, melainkan ada tiga skenario lain.

Skenario itu ialah mengelola penerimaan negara, pengelolaan belanja, dan pengelolaan pembiayaan. “Kalau kita nanti memutuskan, kita akan mempertimbangkan semua aspek,” tuturnya.

Sektor penerimaan, tambahnya, akan ada koreksi antara lain pada penerimaan negara bukan pajak (PNBP) yang akan ditingkatkan sekitar Rp20 triliun. “Kedua adalah SAL (Sisa Anggaran Lebih). Ketiga SUN (Surat Utang Negara),” ujar Agus.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan pemerintah harus menaikkan harga BBM. Keputusan itu diambil untuk melakukan penyelamatan anggaran negara. “Harga BBM mau tidak mau tentu mesti disesuaikan dengan kenaikan yang tepat,” ujar SBY usai rapat terbatas di Jakarta.

Listrik 3 Kota Besar di Kaltim Terganggu

Posted: 22 Feb 2012 03:37 PM PST

Petugas PLN tengah memperbaiki jaringan listrik di Gardu Induk Gandul, Jakarta. (PLN Jawa-Bali)

KoranBaru - Gangguan listrik yang diduga terjadi di Sistem Mahakam telah menyebabkan tiga kota di Kalimantan Timur terkena pemadaman. Hingga kini petugas PT Perusahaan Listrik Negara setempat masih mencari tahu sumber kerusakan dari jaringan listrik Sistem Mahakam tersebut. 

Dari pantauan KoranBaru.com, Rabu, 22 Februari 2012, pemadaman terjadi sejak pukul 13.09 WITA. Hingga berita ini diturunkan, PLN belum berhasil menemukan penyebab lumpuhnya jaringan tersebut.

Petugas Humas PLN Wilayah Kaltim, Devi, menuturkan, listrik padam sekitar pukul 13.09 WITA. Itu tercatat dalam data pada sistem jaringan. Hingga sore ini, petugas PLN masih mencari lokasi kerusakan yang menyebabkan terganggunya jalur di sistem yang melayani tiga kota tersebut.

Sistem Mahakam merupakan jaringan yang melayani tiga kota besar di Kaltim yakni Samarinda, Balikpapan, dan Tenggarong. Bila terjadi kerusakan pada jaringan tersebut, distribusi listrik di tiga kota yang terlayani sistem itu juga akan terganggu.

Gangguan pada Sistem Mahakam sebetulnya pernah terjadi ketika kabel utama yang berada di Jalan Provinsi Samarinda-Balikpapan rusak. Gangguan terjadi hingga berjam-jam yang mengakibatkan pemadaman listrik. Namun, kala itu, petugas sudah mengetahui penyebab kerusakan.

Devi menuturkan, dirinya belum mendapatkan kepastian kapan jaringan akan kembali normal. Saat ini, petugas masih berusaha mendeteksi penyebab gangguan dan menormalkannya kembali. (art)

BPK: Masih Ada Penyelewengan SPJ Oleh PNS

Posted: 22 Feb 2012 03:26 PM PST

Taufiequrrachman Ruki (Antara)

KoranBaru – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengingatkan Kementerian Keuangan agar berhati-hati dalam penyaluran anggaran. Sejauh ini masih terdapat penyelewengan anggaran dalam bentuk perjalanan dinas
oleh pegawai negeri sipil (PNS).

“Saya melihat sendiri dan mengetahui sendiri. Ada seorang pegawai dari sebuah kementerian pergi ke daerah sendirian dengan surat perintah tugas, ternyata yang dibawa adalah 10 SPJ. Dengan kata lain yang 9 itu fiktif. Sekedar untuk membuat pertanggungjawaban sehingga tidak menjadi sisa lebih,” ujar  Anggota II BPK, Taufiqurrahman Ruki, saat ditemui di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu 22 Februari 2012.

Dengan alasan ini, maka diperlukan komposisi penyerapan anggaran secara merata dalam setahun. Penyerapan anggaran yang meningkat pada akhir tahun kerap menjadi momen oknum pegawai menyelewengkan anggaran.

“Karena ini membawa ekses yang tidak bagus didalam penggunaan anggaran itu,” ujarnya.

Selain penyelewengan anggaran perjalanan dinas, tambahnya, realisasi fisik dari penyerapan anggaran pada akhir tahun seringkali berbeda dengan laporan yang diberikan. Pengadaan barang dan jasa yang tidak tertib seperti kelebihan pembayaran, barang yang tidak sesuai dengan yang di spesifikasi dan lainnya.

BPK menyayangkan belanja pemerintah sejauh ini hanya didominasi oleh subsidi dan transfer ke daerah. Sedangkan belanja modal maupun kinerja masih jauh dari yang diharapkan yakni 85 persen dari total belanja. “Bahkan kadang dua tahun sampai 75 persen,” ujarnya.

Harga BBM Naik Rp500-1.500?

Posted: 22 Feb 2012 03:22 PM PST

Berdasarkan usulan masyarakat, opsi kenaikan harga BBM itulah yang paling mungkin. (KoranBaru/Anhar Rizki Affandi)

KoranBaru – Menteri Energi Sumber Daya Mineral Jero Wacik akan bertemu dengan Komisi Energi Dewan Perwakilan Rakyat pada Selasa, 28 Februari, dengan membawa opsi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi di antara Rp500-1.500 per liter.

“Usulan antara Rp500, Rp1.000, dan Rp1.500. Tiga angka itu yang masuk,” kata Jero Wacik saat ditemui di Istana Negara, Jakarta, Rabu 22 Februari 2012.

Jero menjelaskan berdasarkan usulan masyarakat, opsi kenaikan harga BBM itulah yang paling mungkin untuk diambil dalam jangka pendek. Masyarakat saat ini sudah biasa dengan kenaikan harga BBM.

“Menurut suara-suara yang ada di masyarakat, memang opsi itulah (kenaikan harga) yang paling mungkin diambil,” kata mantan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata ini.

Ia mencontohkan, pada pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono periode 2004-2009 lalu, pemerintah telah menaikkan harga tiga kali. Rakyat, lanjut Wacik, semakin cerdas dan mengerti alasan pemerintah untuk menaikkan harga BBM bersubsidi.

Selain menaikkan harga BBM bersubsidi, pemerintah saat ini juga tengah mengkaji opsi untuk mengurangi besaran subsidi per liter. Nantinya, harga premium akan disubsidi dengan jumlah rupiah tertentu, namun harganya akan bergerak naik turun mengikuti harga minyak dunia.

Jika pembahasan dengan DPR berjalan lancar, maka kenaikan harga BBM bersubsidi ini dapat diterapkan sebelum 1 April. “Menkeu akan ajukan APBN-P, nanti di situlah akan bertemu. Kami harapkan bisa cepat, sehingga rakyat Indonesia cepat dapat kesimpulan,” katanya. (adi)

Jika Harga BBM Naik, Program BBG Tetap Jalan

Posted: 22 Feb 2012 03:18 PM PST

Pembatasan BBM bersubsidi (KoranBaru/ Muhamad Solihin)

KoranBaru - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan program konversi BBM menjadi bahan bakar gas (BBG) akan terus berjalan, meski ada kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

SBY menjelaskan hal tersebut dalam rapat kabinet yang diselenggarakan akhir tahun lalu di Bogor. Ia telah memutuskan bahwa subsidi yang jumlahnya sangat besar ini harus dikurangi.

“Pengurangan subsidi diutamakan pada pembatasan volume BBM,” kata SBY di Jakarta di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu, 22 Februari 2012.

Untuk jangka menengah dan panjang, lanjut SBY, perlu dilakukan konversi penggunaan BBM ke BBG, karena hal tersebut akan memberi manfaat dan kebaikan untuk masyarakat.  “Bagaimanapun jangka menengah dan jangka panjang, konversi dari BBM ke BBG terus kita lakukan,” katanya.

Pemerintah juga akan memberikan ‘bantuan langsung tunai’ kepada masyarakat miskin. Presiden akan mengurangi anggaran-anggaran dari kementerian atapun lembaga negara yang dapat ditunda, seperti belanja gedung, belanja operasional dan akan dialihkan untuk bantuan langsung masyarakat.

“Biarkan kantong yang kempes itu adalah negara atau pemerintah jangan rakyat, utamanya rakyat yang miskin,” paparnya. (hp).

Bank Permata Bukukan Laba Rp1,16 Triliun

Posted: 22 Feb 2012 01:06 PM PST

Total laba operasional Bank Permata secara konsolidasi naik 33 persen menjadi Rp1,4 triliun (en.indonesiafinancetoday.com)

KoranBaru – PT Bank Pertama Tbk, Rabu 22 Februari 2012, mengumumkan kinerja perusahaan selama satu tahun terakhir dengan membukukan laba bersih Rp1,16 triliun. Laba itu meningkat 14 persen dibandingkan laporan keuangan 31 Desember 2010.

Direktur Utama Bank Permata, David Martin Fletcher, mengatakan, kinerja operasional perusahaan terus membaik sepanjang 2011. Total laba operasional secara konsolidasi naik 33 persen (yoy) menjadi Rp1,4 triliun yang didorong oleh pertumbuhan pendapatan bunga bersih dan pendapatan berbasis biaya (fee based income).

“Pendapatan bunga bersih tumbuh 26 persen yoy menjadi Rp4,12 triliun, karena pertumbuhan kredit yang kuat,” kata David dalam keterangan tertulis yang dipublikasikan di Jakarta.

David menjelaskan, pendapatan berbasis biaya naik 19 persen yoy menjadi Rp1,03 triliun. Untuk sektor kredit tumbuh 31 persen dari Rp52,8 triliun pada akhir 2010 menjadi Rp69,3 triliun di akhir 2011. “Kredit tumbuh pada semua segmen bisnis,” katanya.

Total aset secara konsolidasi per 31 Desember 2011 mencapai Rp101,3 triliun, atau naik 37 persen yoy dari Rp73,9 triliun per 31 Desember 2010.

Sementara itu, dana pihak ketiga (DPK) tumbuh 37 persen yoy menjadi Rp79 triliun. Giro dan tabungan naik 22 persen dan 29 persen yoy menjadi Rp16,8 triliun dan Rp15,4 triliun, sedangkan deposito berjangka meningkat tajam 47 persen yoy menjadi Rp46,7 triliun.

“Pertumbuhan dana pihak ketiga yang lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan kredit berdampak pada perbaikan loan to deposit ratio (LDR) dari 87 persen pada 2010 menjadi 83 persen pada 201,” ujarnya.

David mengatakan, rasio kredit bermasalah (NPL) juga turun sebesar 0,6 persen pada Desember 2011 dari 0,7 persen pada tahun sebelumnya. “Rasio kecukupan modal (CAR) sebesar 14,1 persen,” katanya. (art)

Tipe Negara Berdasarkan Akses Mobile Internet

Posted: 22 Feb 2012 01:01 PM PST

KoranBaru.com - Setidaknya ada dua tipe negara di dunia ini, mereka yang penduduknya makin aktif mengakses mobile internet di akhir pekan dan yang tidak.

Dalam laporan State of the Mobile Web-nya, Opera Software menyebut kedua tipe itu sebagai: weekend surfers dan weekday surfers.

Negara-negara yang penduduknya bisa disebut sebagai “weekend surfers” adalah yang aktivitas mobile internetnya meningkat pada akhir pekan.

Termasuk di antaranya adalah Mesir, Iran, Ghana, Ethiopia dan Tanzania.

Sedangkan “weekdays surfers” adalah yang menunjukkan penurunan saat akhir pekan tiba. Termasuk di antaranya Rumania, Belarus, Moldova, AS dan Polandia.

Perlu dicatat bahwa, penurunan pengguna pada akhir pekan tidak berhubungan dengan turunnya halaman yang dilihat dan trafik data.

Sebagai contoh, Georgia mengalami menurunan pengguna pada akhir pekan, tetapi berada di daftar teratas halaman yang dilihat menjelang akhir pekan.

Lars Boilesen, CEO Opera Software, mengatakan perbedaan ini menunjukkan perilaku yang berbeda-beda dari setiap negara di dunia.

Nah, bagaimana dengan Indonesia, ternyata aktivitas internet mobile di Indonesia mengalami kenaikan di akhir pekan. Namun angkanya relatif kecil dibandingkan negara-negara lain.

Berikut adalah data perubahan aktivitas internet mobile di Indonesia pada akhir pekan:

Pengguna (unique user) naik 1,4%Halaman yang dibuka (pageviews) naik 2,7%Lalu lintas data (transferred data) naik 3,7%

Daging Burger Sintetis Kreasi Ilmuwan

Posted: 22 Feb 2012 12:53 PM PST

hamburger, menu favorit restoran cepat saji (inmagine)

KoranBaru – Teknologi memang memungkinkan segalanya. Seperti peneliti Universitas Maastricht, Belanda, yang mengembangkan produksi daging sapi di laboratorium, bukan di peternakan.

Mark Post, kepala penelitian, mengungkap kalau pengembangan daging sintetis ini didanai seorang donatur yang tak mau disebutkan namanya. Dana yang dikucurkan mencapai US$330 ribu atau sekitar Rp3 miliar.

Untuk proyek awal, Post mengembangkan jenis daging olahan untuk burger yang disebut state-of-the-art burger. Daging ini dikembangkan dari sel induk sapi hidup, yang diletakkan pada cawan petri.

Chef Heston Blumenthal, pemilik restoran The Fat Duck di London yang bergelar Michellin Star, sudah menandatangani kontrak untuk mengolahnya menjadi hamburger. Konsumen bisa mulai mencicipinya Oktober mendatang.

Tujuan utama pengembangan daging ini untuk mengurangi jumlah pemotongan sapi dan efek pemanasan global yang dihasilkan peternakan.

Data PBB menunjukkan, peternakan hewan memakan lahan di bumi sampai 30 persen. Sementara permintaan daging diperkirakan bisa mencapai dua kali lipat dalam empat dekade mendatang.

“Anda dapat dengan mudah mengkalkulasikan, kalau kita membutuhkan sumber pangan alternatif. Jika tak dilakukan pengembangan, daging bisa jadi makanan mewah dengan harga yang sangat tinggi,” kata Post, seperti dikutip dari NY Daily News.

Selain hamburger, daging sintetis hasil ternak di laboratorium itu juga dapat dijadikan bahan sosis dan jenis olahan daging lainnya.

Daging sapi hasil pengembangan laboratoriumSementara untuk menciptakan wujud daging utuh mungkin masih butuh sekitar 10-20 tahun lagi. Sejauh ini, Post dan timnya baru mengembangkan lapisan tipis otot merah muda sapi sepanjang satu inci, dengan ketebalan 0,5 milimeter. Mereka masih harus menumbuhkan beberapa ribu lapisan lagi, sebelum siap untuk dicampur dengan lemak hewan yang dikembangkan.

Post juga berencana mengembangkan varian daging lainnya untuk dikonsumsi. “Kami juga bisa membuat daging panda. Saya yakin kami bisa,” katanya.

2012 Bakal “Booming” Cloud Computing

Posted: 22 Feb 2012 12:43 PM PST

CEO dan Founder MorpLabs Winston Damarillo, Pemerhati IT Michael S Sunggiardi, Presiden Direktur Pratesis Singgih Tjahjono dan Founder Indonesian Clod Forum Teguh Prasetya dalam diskusi Cloud Computing: A New Jargon, Technology or Business Model di Hotel Shangri-La Jakarta, Rabu (22/2/2012).

JAKARTA,KoranBaru.com - Tahun ini diprediksi akan menjadi tahun tumbuh pesatnya implementasi solusi cloud computing, khususnya Indonesia.

Hal itu disebabkan perusahaan semakin percaya terhadap keuntungan penggunaan solusi cloud tersebut. Bahkan, lembaga riset Frost & Sullivan memproyeksi cloud akan menjadi teknologi mainstream.

Perkiraannya, 30 persen dari perusahaan di Asia Pasifik, termasuk Indonesia, akan mulai menerapkan cloud computing di 2012.

CEO dan Founder MorphLabs Winston Damarillo menjelaskan penggunaan cloud computing di negara berkembang akan semakin marak terutama bagi enterprise.

Selain di kalangan perusahaan, ke depannya Winston memprediksi pihak universitas atau dunia pendidikan juga akan mengadopsi teknologi tersebut.

“Teknologi cloud computing akan mulai marak di tahun ini. Apalagi harga cloud computing juga akan semakin murah,” kata Damarillo saat diskusi Cloud Computing: A New Jargon, Technology or Business Model? di Hotel Shangri-La Jakarta, Rabu (22/2/2012).

Cloud-in-a-box

Dengan adanya peluang tersebut, MorphLabs memperkenalkan DynaLabs Cloud kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia. Pada 2011 mereka sudah meluncurkan solusi virtual private cloud yang sama di Filipina.

DynaLabs Cloud merupakan solusi dynamic infrastructure services (DIS) yang memberi penawaran solusi private cloud yang aman.

Apalagi layanan tersebut dikemas menjadi “Cloud in a box” dengan hardware bisa ditempatkan di data center pelanggan (on-premises).

DynaLabs Cloud menggunakan basis teknologi MorphLabs mCloud DCU yang didukung oleh Dell PowerEdge C dan R Series untuk hardware-nya, Arista Network untuk switching dan Nexenta Enterprise untuk storage-nya.

Di Indonesia, MorphLabs menggandeng Pratesis sebagai mitra strategisnya. “Cloud akan menjadi landasan masa depan industri IT dunia khususnya Indonesia,” tambah Presiden Direktur Pratesis Singgih Tjahjono.

Layanan DynaLabs Cloud ini akan dipasarkan kepada perusahaan-perusahaan di industri keuangan, telekomunikasi, penyedia data center, manufaktur dan sebagainya.

Pembina Demokrat: DK Tak Perlu Panggil Andi

Posted: 22 Feb 2012 12:39 PM PST

Andi Mallarangeng saat bersaksi untuk terdakwa Muhammad Nazaruddin (KoranBaru/Anhar Rizki Affandi)

KoranBaru - Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Alfian Mallarangeng memberikan kesaksian di Pengadilan Tipikor dengan terdakwa Muhammad Nazaruddin, pagi tadi. 

Atas kesediaan Andi, anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Syarif Hasan mengapresiasinya.

“Kan bagus kalau dia datang sebagai saksi dia patuh terhadap panggilan hukum,” kata Syarif di Kantor Presiden, Rabu 22 Februari 2012.

Syarif menilai, dengan kesaksiannya di pengadilan, Dewan Kehormatan partai dinilainya tidak perlu memanggil sekretaris dewan pembina Partai Demokrat itu.

Menurutnya, soal dugaan Andi menerima dana dari Nazar sebagaimana terungkap dalam persidangan, lebih baik dituntaskan di pengadilan. “Lebih bagus kalau di pengadilan yang memeriksa daripada DK,” ujarnya.

Alasannya, status Andi berbeda dengan status Angelina Sondakh ketika diproses Dewan Kehormatan. “Tidak aple to aple. Angie kan sudah tersangka, Andi kan cuma saksi,” jelasnya.

Dalam rapat paripurna yang dipimpin langsung oleh Presiden SBY hari ini, Menpora Andi Mallarangeng tidak hadir. Walaupun sidang dengan agenda mendengarkan kesaksiannya sudah selesai. (umi)

JK Diusulkan Masuk Tim Ahli KPK Usut Century

Posted: 22 Feb 2012 12:34 PM PST

Rabu, 22 Februari 2012, 09:17 WIBIta Lismawati F. Malau, Nila Chrisna Yulika Mantan Wakil Presiden RI, H.M. Jusuf Kalla (KoranBaru/Anhar Rizki Affandi)

KoranBaru – Hari ini, Rabu, 22 Februari 2012, Komisi Pemberantasan Korupsi akan memberikan tanggapan atas hasil audit forensik Badan Pemeriksa Keuangan terkait kasus Century. Dalam rapat ini, Tim Pengawas Century akan menawarkan sejumlah ahli dan menetapkannya.

Sebelumnya, KPK meminta Tim Pengawas Century DPR untuk memberikan referensi nama-nama pakar di sejumlah bidang guna mendalami kasus ini. Berita soal ini, bisa diklik di sini.

“Ini menanggapi permintaan KPK,” kata Bambang Soesatyo, anggota Tim Pengawas Century, kepada KoranBaru.

Dari sejumlah nama yang akan diajukan oleh Tim Pengawas, di antaranya adalah mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Di bidang pidana, Tim Pengawas menyodorkan nama Eddy OS Hiarej dan Mudzakir. DPR juga menyodorkan ahli-ahli perbankan seperti Denny Darury, Sigit Pramono, dan Anwar Nasution.

Dari kalangan ahli tata negara, yang masuk daftar Tim Pengawas adalah Yusril Ihza Mahendra, Adnan Buyung Nasution, Saldi Isra, dan Irman Putra Siddin. Untuk kalangan ekonom, muncul nama Kwik Kian Gie dan Iman Sugema. Di bidang administrasi negara, Tim Pengawas menyodorkan nama Laica Marzuki dan Arifin P. Soeriaatmadja. Adapun ahli hukum internasional direkomendasikan Hikmahanto Juwana.

Hasil audit forensik BPK atas kasus Bank Century menunjukkan adanya 13 temuan dan dua informasi tambahan terkait aliran dana Bank Century. Laporan berjudul “Hasil Pemeriksaan Investigasi Lanjutan Atas Kasus PT Bank Century Tbk” itu diserahkan BPK kepada DPR di Gedung DPR RI pada 23 Desember 2011 lalu. (kd)

Mobil Mengesankan Para Tersohor Dunia (1)

Posted: 22 Feb 2012 12:29 PM PST

Rolls Royce Phantom milik David Beckham (carbuzz.com)

KoranBaru – Bagi selebritis, olahragawan, dan sosialita dunia, mobil bukan hanya berfungsi sebagai kendaraan, tapi juga sarana mendongkrak pamor sosial. 

Itu sebabnya, tidaklah mengherankan jika para pesohor itu rela menggelontorkan uang hingga miliaran rupiah demi duduk di kemudi mobil mewah, yang harganya selangit tapi canggih nan anggun. Mereka rajin berburu mobil-mobil super langka dengan edisi terbatas.

Dan tidak hanya membeli, mobil-mobil itu juga dimodifikasi dengan rupa-rupa cara hingga menjadi seperti ‘kereta kencana’ yang tidak dimiliki kebanyakan orang. Dandanan baru itu lazimnya disesuaikan dengan karakter dan juga selera si empunya.

Situs otomotif, Automotto, Rabu 22 Januari 2012, meliris 10 mobil paling mengesankan milik para tersohor dunia. Berikut daftar lengkapnya:

1. Cadillac CTS-V Coupe Justin Bieber

Penyanyi idola remaja asal Kanada, Justin Bieber, memang dikenal gemar mengkoleksi mobil-mobil mewah. Tapi yang cukup menyita perhatian adalah Cadillac CTS-V Coupe.

Kekasih Selena Gomez ini mempercayakan West Coast Customs (WCC), sebuah perusahaan modifikator sohor asal Corona, California, Amerika Serikat, untuk merubah Cadillac Coupe miliknya dengan gaya mobil batman.

Cadillac ini semakin kental dengan gaya mobil batman, dengan disematkannya velg berkelir hitam jenis Ashanti berukuran 20 inchi. Tidak ketinggalan, disematkannya logo Batman di bagian grill depan mobil.

Mobil coupe besutan Cadillac, General Motors, ini mengusung mesin LSA 6.200 cc V8, yang bertenaga 556 daya kuda dan torsi 747 Newton meter.

2. Rolls-Royce Phantom Drophead David Beckham

Mantan kapten tim nasional Inggris memiliki mobil yang berdesain eksotis, yakni Rolls-Royce Phantom Drophead Coupe Convertible DUB Edition.

Mobil seharga US$407.000 atau sekitar Rp3,6 milar ini sengaja mengganti lambang Rolls-Royce di mobil dengan angka 23. Itu merupakan nomor punggung Beckham saat bermain di Real Madrid.

Koleksi Beckham ini seluruh eksteriornya bernuansa hitam, dengan mempertahankan ornamen ‘the flying Lady’ di bonnet depan khas Rolls Royce. Mobil ini juga telah diubah menggunakan velg dari Savini berdiameter 24 inci.

Di bagian kabin, interior berkelas. Kulit yang ringan dan berkualitas disematkan pada kursi depan dan belakang. Imbuhan modifikasi dilanjutkan dengan pemasangan multimedia unit TV-DVD sebagai peranti hiburan terpasang di sandaran kursi depan

Di balik bonnet, terbenam mesin V12, 6,75 liter bertenaga 453 hp dikawinkan dengan gearboks otomatis 6 percepatan.

3. Bentley GT Continental Paris Hilton

Bentley GT Continental milik artis serta sosialita Hollywood, Paris Hilton, sempat menjadi buah bibir. Sebab, paris memodifikasi mobil ini menjadi merah jambu alias Pink.

Aksi yang dilakukan Paris sempat membuat kesal dan marah petinggi Bentley. Menurut mereka, itu hal memalukan dan merusak citra Bentley sebagai mobil garang serta berkelas di pasar mobil mewah dunia.

Mobil seharga US$285.000 atau sekitar Rp2,5 miliar ini sengaja dibuat menjadi warna pink mulai dari eksterior maupun interiornya, termasuk body, grill hingga center disk velg.

4. Ferrari 458 Kim Kardashian

Sosialita bertubuh sexy ini memiliki ‘Kuda Jingkrak’ asal Italia, Ferrari 458, sebagai tunggangannya.

Kim mempercayai Jack & George di Platinum Motorsports, Los Angeles, untuk memodifikasi Ferrari 458 menjadi lebih eksotis. Mulai dari roda 21 inci di depan dan belakang 22 inci monoblock Agetro M140 yang lebih ringan.

Sedangkan eksteriornya mendapatkan warna metal gun doff, untuk mendapatkan penampilan yang agresif. Untuk memodifikasi ini, Kim harus mengeluarkan biaya sekitar US$273.917 atau sekitar Rp2,4 miliar.

5. Camaro Convertible Victor Martinez

Sebagai atlet binaraga, Victor Martinez, memilih tipe mobil berotot atau musclecar sebagai tunggangannya. Tentunya mobil ini sangat mencerminkan profesi yang digelutinya.

Camaro Convertible miliknya dimodifikasi oleh MC Custom. Mobil ini hadir dengan eksterior hitam dan oranye, warna itu menjalar sampai bagian velg palang 8.

Bersambung…

7 Motor Terkeren Milik Sosialita Hollywood

Posted: 22 Feb 2012 12:25 PM PST

David Beckham mengendarai motor F131 Hellcat Combat (Automotto.com)

KoranBaru – Memiliki uang yang sangat banyak terkadang membuat para selebritis serta sosialita Hollywood bingung, dan tidak tahu lagi apa yang harus dilakukan dengan uang itu.

Tidak sedikit dari mereka yang menghambur-hamburkan uangnya untuk membeli sebuah sepeda motor modifikasi dengan harga ratusan juta rupiah, seperti Harley Davidson, Ducati, dan Norton Commando.

Berikut daftar 7 sepeda motor modifikasi terkeren milik selebritis dan sosialita Hollywood seperti dikutip dari Automotto:

1. George Clooney

Aktor Terbaik kategori Drama dalam Golden Globe Awards 2012 ini diketahui memiliki koleksi Harley Davidson jenis touring. Clooney pernah tertangkap kamera oleh media saat menunggangi Harley Davidson di Calabasas, California.

Pria yang berusia 50 tahun ini terlihat sangat santai dan menikmati perjalanan dengan Harley berkelir hitam miliknya. Dalam perjalanan itu, Clooney mengajak Rande Gerber, suami supermodel Cindy Crawford.

2. Keanu Reeves

Pemeran utama di film The Matrix ini memiliki sebuah motor kesayangan, yakni Norton Commando 750.

Motor klasik buatan Inggris lansiran 1972 ini dikenal memiliki tenaga yang cukup besar. Tenaga yang dihasilkan dari mesin 745 cc twin, four-stroke mencapai 65 HP (47.4 kw). Kecepatan maksimalnya menyentuh 174 Km/jam.

Norton Commando 750 memiliki bobot 203 kg dengan kapasitas tangki bensin 13,5 liter. Dengan spesifikasi itu, tentunya sangat cocok bagi Keanu yang gemar dengan motor kencang.

3. David Beckham

Mantan kapten tim nasional Inggris ini, memiliki motor F131 Hellcat Combat. Motor ini merupakan varian edisi terbatas dari generasi kedua dan terakhir dari seri Hellcat. Motor ini dibanderol  Rp785 juta.

F131 Hellcat Combat memiliki desain unik dengan kompresi tingkat tinggi yang membuatnya mampu menyemburkan tenaga hingga 149 tenaga kuda dengan torsi maksimal mencapai 203 Nm.

4. Brad Piit

Suami Angelina Jolie ini juga dikenal sebagai salah satu dari sedikit aktor yang cinta pada kendaraan roda dua. Mulai dari Ducati Desmosedici RR, Ducati Monster 696, dan Harley-Davidson choppers.

Salah satu yang cukup menarik adalah Ducati Desmosedici. Motor ini menggunakan sasis klasik bergaya 1940-an dengan sentuhan modifikasi dan part lawas seperti shock depan asli milik Harley-Davidson lansiran 1934. Semua komponen dibuat khusus agar terlihat tua dimana pengerjaannya dilakukan oleh Aero Engineering.

Ducati Desmosedici dibekali mesin Liquid-cooled empat silinder, DOHC. Mesin ini dapat menyeburkan tenaga 200 hp.

5. Gerrad Butler

Aktor yang pernah bermain di film heroik 300 itu memiliki sebuah motor chopper modifikasi. Motor keluaran tahun 2010 ini menggendong mesin Ultima 1.340 cc bertransmisi 5-speed dengan berbagai bagian yang mengalami modifikasi.

Tangkinya mencomot tangki milik Harley-Davidson Sportster dan dirakit oleh seorang builder bernama Mark McClain.

6. Tom Cruise

Bintang Mission Impossible ini  memiliki Desmosedici RR, motor baru keluaran Ducati yang banyak diimpikan para rider.

Motor replika Ducati di ajang moto GP ini dipatok dengan harga US$72.500 atau sekitar Rp647 juta. Desmosedici RR didukung teknologi magnesium, titanium, dan serat karbon yang bisa dipacu hingga kecepatan 322 km/jam.

Pihak Ducati hanya memproduksi sekitar 1.500 unit saja, dan menjadi sebuah kehormatan bisa mengirim Desmosedici ke pelanggan seistimewa Cruise.

7. Arnold Schwarzenegger

Aktor lawas Hollywood ini memiliki Harley Davidson Fatboy Model FLSTF. Arnold kepincut dengan motor gede ini setelah ia menungganginya di film Terminator.

Motor ini disokong mesin V-Twin dengan Electronic Sequential Port Fuel Injection (ESPFI), yang dikawinkan dengan transmisi 6 percepatan. Modelnya terlihat garang dan agresif.

0 komentar:

Posting Komentar