Jika Anda Bisa Mengetik dan Akses Internet, Anda Sudah Memiliki Syarat yang Cukup Untuk Menghasilkan Uang dari Bisnis Tiket Pesawat Online

BISNIS YANG BIASA TETAPI MEMILIKI POTENSI PENGHASILAN YANG LUAR BIASA

Apakah anda sudah siap untuk Bergabung??

Bergabung? silahkan klik disini

Senin, 13 Februari 2012

koran terbaru - berita seputar indonesia

koran terbaru - berita seputar indonesia


Suku Samin: Hidu tanpa Prasangka dan Anti Kekerasan

Posted: 12 Feb 2012 10:20 AM PST

HARDJO KARDI

BOJONEGORO – Bila dibandingkan dengan kisah lama tentang Suku Samin yang berada di Dusun Jipang, Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Bojonegoro, kini kampung Samin sudah jauh lebih modern. Walau pun begitu, perubahan itu tak membuat mereka lantas kehilangan jati diri.

Meski berada di tengah hutan jati, akses jalan menuju kampung Samin yang berbatasan dengan Kabupaten Ngawi tersebut sudah beraspal dan mudah dilewati. Listrik, telepon, dan komputer– termasuk internet– pun sudah bisa diakses d isana.

Yang menarik, walau sudah hidup di era modern, tapi warga yang tinggal di Dusun Jipang ini masih mengamalkan ajaran-ajaran wong Samin, meski secara perlahan tapi pasti Islam sudah hampir menjadi mayoritas disana.

Ini lantaran dalam Islam sendiri yang diyakini generasi Samin masa kini, telah lama menjadi perilaku WOng Sikep (sebutan Suku Samin) selama ini, yang mengajarkan agar jangan pernah menyakiti orang lain kalau tidak ingin disakiti, harus saling hormat-menghormati sesama manusia di dunia, dan jangan pernah mengambil apapun yang bukan haknya. Juga, beberapa ajaran lain yang mengikat masyarakat agar tidak berbuat kejahatan.

Dan realitanya hingga kini, tepo sliro (rasa saling menghormati) dan tingkat kerukunan masyarakatnya memang tinggi. Mereka biasa selalu saling membantu dalam keadaan apapun.

Pemimpin Suku Samin, Hardjo Kardi, trah terakhir Samin Surosentiko, menjamin kampungnya relatif aman dari kasus tindak pidana kriminal, terutama pencurian atau kasus kekerasan.

Dia juga memastikan, setiap warga pendatang yang masuk ke komunitas Samin–baik yang membawa kendaraan roda dua, empat, maupun kendaraan lain– sangat aman dari kasus pencurian.

"Kalaupun ada (pencurian-red) warga di sini mengambil kayu di hutan, itu pun hanya sebatas untuk kayu bakar karena nenek moyang kami dahulu ikut menanam pohon di hutan ini," papar dia pada suatu kesempatan.

Sementara Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Bojonegoro, Mohamad Farhan, mengatakan komunitas suku Samin di Dusun Jipang, hingga sejauh ini masih sangat sulit disentuh provokasi berlatar sentimen agama.

"Ini lantaran masyarakat Samin sangat menjunjung tinggi kedamaian, tanpa prasangka serta kejujuran," kata Farhan.

Hal itu disampaikan berkaitan dengan maraknya aksi kekerasan yang mengusung isu sentimen agama, sebagai alat untuk memprovokasimassadi pelbagai daerah.

Menurut Farhan, selain bertolak belakang dengan akar kultur masyarakat yang cinta damai dan membenci kekerasan, karena memang komunitas wong Samin sendiri secara terori bukan `ladang` yang cocok untuk menyemai faham atau pikiran radikalisme.

"Pada umumnya, gerakan yang mengusung sentimen isu agama relatif mudah tumbuh di kalangan pemeluk agama dengan pengetahuan terbatas akan agama yang dianutnya itu sendiri, serta beratnya himpitan perut," papar Farhan.

Selain itu, kelompok lain yang mudah dipengaruhi kalangan mahasiswa dari jurusan umum, karena tingkat pengetahuannya terhadap agam tidak seluas mereka yang mengambil spesifikasi agama.

"Apalagi Islam kini sudah hampir menjadi agama mayoritas di kalangan wong Samin. Meski, hingga saat ini masih ada beberapa masyrakat Samin yang masih bertahan dengan keyakinannya sebagai wong sikep (istilah agama bagi suku Samin-red)," terang dia.

Berkaitan itu, Kantor Kemenag Bojonegoro tetap akan mempertahankan posisi Mohamad Miran sebagai Kepala KUA Kecamatan Margomulyo, karena memang dia putra Samin asli.

"Karena memang perjuangan dan syiar dia (Miran-red) dalam menegakkan Islam cukup berhasil," tandas Farhan yang saat ini tengah memikirkan reward apa yang akan diberikan kepada putra Samin itu.

Farhan menjelaskan,  sejarah pemberontakan Samin melawan Belanda didasarkan pada kebudayaan Jawa yang religius.

"Dengan demikian ajaran Samin surosentiko bukanlah ajaran yang pesimistis, melainkan ajaran yang penuh kreatifitas dan penuh keberanian," tutur dia.

Potret Masa Lalu Wong Samin

Komunitas Samin yang hingga kini tinggal generasi akhir di Bojonegoro mengajarkan betapa menghadapi hidup adalah kesederhanaan kejujuran, berprinsip yang benar dan lurus. Capaian hidup sesungguhnya tidak harus berada di puncak. Tapi, bagaimana menghargai dan menghormati antara sesama. Jabatan dan pangkat seperti mitos: begitu diburu ia akan menghindar.

Masyarakat Samin yang tinggal di dusun tersebut, adalah figur tokoh atau oran-orang tua yang gigih berjuang menentang Kolonial Belanda dengan gerakan yang dikenal dengan Gerakan Saminisme, yang dipimpin oleh Ki Samin Surosentiko.

Dalam Komunitas Samin tidak ada istilah untuk membantu Pemerinrtah Belanda seperti menolak membayar pajak, tidak mau kerja sama, tidak mau menjual apalagi memberi hasil bumi kepada Pemerintah Belanda. Prinsip dalam memerangi kolonial Belanda melalui penanaman ajaran Saminisme yang artinya sami-sami amin (bersama-sama) yang dicerminkan dan dilandasi oleh kekuatan, kejujuran, kebersamaan dan kesederhanaan.

Sikap perjuangann mereka dapat dilihat dari profil orang samin yaknigayahidup yang tidak bergelimpangan harta, tidak menjadi antek Belanda, bekerja keras, berdoa, berpuasa dan berderma kepada sesama. Ungkapan-ungkapan yang sering diajarkan antara lain : sikap lahir yang berjalan bersama batin diungkapkan yang berbunyi sabar,nrimo,rilo dan trokal (kerja keras), tidak mau merugikan orang lain diungkapkan dalam sikap sepi ing pamrih rame ing gawe dan selalu hati-hati dalam berbicara diungkapkan 'Ojo waton ngomong, ning ngomong kang maton'.

Lokasi masyarakat Samin (dusun Jepang) memiliki prospek untuk dikembangkan menjadi obyek Wisata Minat Khusus atau Wisata Budaya Masyarakat Samin melalui pengembangan paket Wisata Homestay bersama masyarakat Samin. Hal yang menarik dalam paket ini ialah para wisatawan dapat menikmati suasana dangayahidup kekhasan masyarakat Samin. Untuk rintisan tersebut, kebijakan yang telah dilakukan adalah melalui penataan kampung dan penyediaan fasilitas sosial dasar.

Kejujuran untuk Mencapai Kemuliaan

Suatu hari di tahun 1907,kotaBojonegoro, Jawa Timur geger. Tokoh masyarakat asalkotatembakau, Samin Soerontiko, ditangkap Pemerintah Hindia Belanda yang ketika itu berkuasa di tanah Jawa. Dia dianggap mempengaruhi masyarakat sekitar dengan ajaran kepercayaan (yang kemudian disebut Saminisme-red). Ajaran itu membuat Pemerintah Hindia Belanda kesulitan untuk menancapkan pengaruhnya di Bojonegoro.

Ajaran Saminisme secara sederhana bisa diartikan sebagai ajaran kejujuran untuk mencapai kemuliaan. Karena kejujuran itulah, penganut Saminisme tidak bisa dimasuki skenario politik pecah belah Pemerintah Hindia Belanda atau dikenal sebagai devide et ampera. Samin dan penganutnya dianggap mengganggu jalannya pemerintahan dan tata kehidupan masyarakat. Karenanya, Samin Soerontiko ditangkap dan dibuang ke Sumatera Barat dan Jawa Barat.

Itulah penggalan "cerita" yang termuat dalam buku catatan Pemerintah Hindia Belanda, Besluit no.5 yang diterbitkan 5 Juli 1907.

Arsip yang memuat kisah Samin Soerontiko hanyalah satu dari jutaan meter linier arsip sejarah yang disimpan di Badan Arsip Nasional, termasuk Badan Arsip Provinsi Jawa Timur. Arsip-arsip itu disimpan tekstual (kertas), media baru (file komputer) maupun micro film. Peran arsip sejarah sendiri tidak bisa diabaikan dalam perjalanan sejarah bangsaIndonesia.

Arsip sekaligus menjadi bukti otentik atas semua hal yang pernah terjadi. Melalui lembaran-lembaran lusuh itu juga beberapa peristiwa yang sempat menjadi misteri bisa terungkap dengan lugas. Salah satunya adalah lembaran Surat Perintah 11 Maret (Supersemar) yang menjadi awal penyerahan kekuasaan Presiden Soekarno kepada Jenderal Soeharto.

Hingga saat ini, lembaran suratyang konon hilang itu menyisakan tanda tanya besar sejarah Indonesia. Apakah benar ketika itu Presiden Soekarno menyerahkan kekuasaannya kepada Jenderal Soeharto? Bagaimana proses pembuatan suratitu? Apakah dengan todongan senjata? "Hal-hal seperti ini bisa tuntas bila arsip Supersemar ditemukan," ungkap Syawal.

Kemisterian Supersemar dan cerita yang melingkupinya juga muncul dalam peristiwa penyobekan bendera Belanda, di Hotel Yamato (kini Hotel Majapahit Oriental)Surabayapada 10 November 1945. Bendera Belanda berwarna merah putih biru dirobek oleh salah satu Arek Suroboyo, pejuang 10 November 1945 pada warna birunya, menyisakan warna bendera Indonesia Merah Putih.

Hingga kini, siapa pelaku peristiwa yang menjadi simbol kemenangan pejuangSurabayaatas Pasukan Sekutu Belanda itu tidak ditemukan. Uniknya, sebuah sumber menyebutkan, peristiwa yang diabadikan dalam bentuk foto hitam putih dan dipercaya sebagai foto bukti sejarah itu ternyata dibuat setahun setelah peristiwa yang sebenarnya terjadi.

Sayangnya, arti penting dan berharganya arsip sejarah tidak dipahami oleh masyarakat. Seringkali, masyarakat yang memiliki arsip sejarah tidak mengerti cara merawat dan menyimpan barang bernilai tinggi itu. Bahkan ada yang membuangnya begitu saja, tanpa mau memperhitungkan nilai sejarah yang dikandungnya. (LEA)

PLN Jatim Opitimis Turunkan Subsidi Listrik

Posted: 12 Feb 2012 10:16 AM PST

HARYANTO WS

SURABAYA– PT PLN (Persero) Distribusi Jatim pada tahun 2012 ini, optimistis akan mampu menurunkan subsidi listrik dari pemerintah menjadi 6,6 persen dibandingkan pada tahun sebelumnya sebesar 7,2 persen.

General Manager PT PLN (Persero) Distribusi  Jatim, Haryanto W.S., di Surabaya menyatakan guna mewujudkan hal itu, pihaknya siap melakukan efisiensi di segala bidang, baik yang direalisasi tanpa biaya mau pun dengan besaran investasi tertentu. Salah satunya, kata Haryanto, dengan melakukan efisiensi operasional seperti biaya pemeliharaan untuk menurunkan gangguan kelistrikan yang dialami masyarakat.

Diungkapkan Haryanto, dengan penyusutan subsidi sebanyak 1 persen maka bisa menurunkan nilainya sebesar Rp 900 miliar.

"Jumlah subsidi kelistrikan yang dialokasikan ke kami bisa diminimalkan," tegas Haryanto.

Haryanto yakin, pada thun 2012 ini meyakini dengan Perang Padam Jawa Bali Jilid II dapat menurunkan gangguan listrik masyarakat menjadi 2.500 kasus di Jatim.

"Hal itu dapat terwujud karena besarnya dukungan dari para petugas pelayanan teknis di wilayah kerja. Mereka selalu siap mengawasi  kelancaran aliran listrik dengan memotong pohon maupun membersihkan layang-layang yang mengganggu kabel," ujar Haryanto.

Haryanto juga optimistis, dengan berbagai upaya itu dapat menyambung jaringan listrik baru terhadap 450.000 pelanggan sampai akhir tahun 2011. Kini, jumlahnya mencapai 400.000 titik atau melampaui target awal 2011 sebanyak 320.000 titik. (doni sujito)

Polres Abdya Usut Kasus Perusakan Lingkungan

Posted: 12 Feb 2012 10:08 AM PST

maiwanews – Penyelidikan Polres Aceh Barat Daya (Abdya) terhadap para perusak lingkungan mendapat dukungan dan apresiasi dari WALHI Aceh. Tindakan ini perlu didukung penuh oleh para pemerhati lingkungan. WALHI Aceh juga berharap penyidikan tidak berhenti di tengah jalan. Tiga orang tersangka dalam kasus itu masing-masing adalah yaitu MH, YM, dan Z.

Pihak WALHI Aceh mengaku selama ini telah menemukan indikasi keterlibatan banyak pejabat dalam memuluskan aksi perusakan hutan. "Pemerintah sering menjadi pemicu utama perusakan lingkungan melalui kolaborasi dengan pengusaha," kata Direktur WALHI Aceh, T. Muhammad Zulfikar, Jumat 10 Februari 2012 di Banda Aceh.

MH dan YM, menjadi tersangka kasus dugaan perusakan lingkungan terkait pematangan lahan lokasi pembangunan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di Desa Gunung Samarinda Kecamatan Babahrot. Sedangkan Z, menjadi tersangka kasus pembangunan proyek kandang pembibitan ternak dalam Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) atau hutan lindung di Desa Ie Mirah, Kecamatan Babahrot.

"Kita mengapresiasi Polres Abdya dalam hal ini. Selama ini nyaris tidak ada kepolisian di Aceh yang mau mempidanakan perusak lingkungan. Kita akan terus memantau kasus ini hingga tuntas," kata Zulfikar.

Zulfikar juga mengaku gembira karena Polres Abdya sudah berani memakai UU No.32 tahun 2009 tentang tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. "Ini langkah progressif, sebab kami sering menemui polisi ragu menggunakan UU ini. Saya harap Polres wilayah lain juga berani menggunakannya," kata Zulfikar.

Selain melanggar UU tersebut, WALHI Aceh juga menduga bahwa ketiga tersangka telah melanggar UU No.26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang dan PP No.26 tahun 2008 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional. "Dalam kedua peraturan ini disebutkan bahwa KEL sebagai kawasan strategis nasional yang berfungsi lindung," kata Direktur WALHI Aceh.

Selain ketiga oknum tersebut, Polres Abdya juga berencana memeriksa petinggi kabupaten setempat. Polres Abdya mengajukan izin kepada Presiden Susilo Bambang Yudhono untuk melakukan pemeriksaan terhadap tiga kasus. Pemeriksaan itu sendiri terkait dengan kasus perusakan kawasan hutan lindung, penipuan dan perambahan hutan untuk pembangunan Pabrik Kelapa Sawit di lokasi awal.

WALHI Aceh saat ini sedang berusaha keras membawa ke ranah hukum para perusak lingkungan. Diantaranya adalah kasus pembukaan hutan Leuser untuk jalan Ladia Galaska, saat ini sedang tahap Peninjauan Kembali dan mem-PTUN-kan terduga pemberi izin pembukaan perkebunan di hutan Rawa Tripa, wilayah itu masuk dalam Kawasan Ekosistem Leuser. WALHI Aceh bersama Pemkab Aceh Besar juga sedang mengkaji untuk mempidanakan perusak lingkungan Galian C yang beroperasi di Aceh Besar.

"Tantangannya sangat besar, terutama pemahaman para penegak hukum masih lemah tentang UU Nomor 32 tadi, serta peraturan tata ruang, mereka masih ragu-ragu sepertinya,"ucap T. Muhammad Zulfikar.

33 Tahun Lalu Revolusi Islam Iran Gulingkan Pahlevi

Posted: 12 Feb 2012 10:03 AM PST

maiwanews – Ribuan warga Iran memperingati ulang tahun ke-33 Revolusi Islam tahun 1979. Mereka berkumpul di kota-kota hari Sabtu 11 Februari 2012. VoA melaporkan sebagian diantaranya membawa poster berisi kecaman terhadap Amerika Serikat dan Israel.

Tidak hanya di Iran, peringatan HUT Revolusi Islam juga diadakan di kedubes Iran di Madrid, Spanyol. Pada kesempatan itu duta besar untuk Spanyol, Morteza Saffari Natanzi, menyoroti sejarah hubungan dengan negeri matador tersebut. Dalam pernyataannya, dikutip PressTV, Morteza menyatakan Iran memiliki pandangan positif terhadap orang-orang Spanyol dan negara mereka.

Tahun 1979 Revolusi Islam Iran berhasil menumbangkan Shah Mohammad Reza Pahlevi dan mengubah sistem kerajaan menjadi republik Islam. Pemerintahan Pahlevi dinilai korup, ia juga dianggap telah melakukan westernisasi, hal ini bertentangan dengan keinginan masyarakat Muslim Iran. Ayatullah Agung Ruhollah Khomeini merupakan pemimpin revolusi dan pendiri Republik Islam.

16 Januari 1979, Pahlevi harus meninggalkan Iran, dan pada tanggal 1 Februari 1979, Ayatullah Khomeini kembali ke Teheran setelah hidup dalam pengasingan di Qom, ibukota Provinsi Qom di Iran. (Foto Ayatullah Khomeini oleh ???????)

Pencarian yang tertangkap pada berita ini:

Gaet Pelanggan Baru 320 ribu di Tahun 2012

Posted: 12 Feb 2012 09:54 AM PST

SURABAYA – PT PLN (Persero)) Distribusi Jawa Timur, meyakini akan mampu menggaet  320.000 pelanggan baru. Hal itu didasari estimasi masih banyak masyarakat di pelosok Jatim belum menikmati aliran listrik.

"Total pelanggan kami di Jatim sudah mencapai 7,875 juta pelanggan," ungkap  Manajer Komunikasi Hukum dan Administrasi PT PLN (Persero) Distribusi Jatim, Nurdajanto, di Surabaya.

Menurut Nurdajanto, kalau target itu tercapai, PLN akan mencatatkan pendapatan senilai Rp19,8 triliun.

"Kami optimistis merealisasi  pendapatan yang diharapkan tumbuh 9,5 persen dibandingkan pencapaian pada tahun 2011. Dengan cara, meningkatkan integritas dan antusias Sumber Daya Manusia (SDM),"  kata Nurdajanto.

Dia merinci, jumlah pelanggannya selama tahun 2011 terdiri dari kalangan rumah tangga dengan kontribusi 92,73 persen dari total pelanggan atau setara 7.302.774 pelanggan.

"Posisi selanjutnya dikontribusi oleh pelanggan bisnis dengan sumbangan 44 persen atau setara 333.691 pelanggan," ungkap Darjanto.

Sementara kontribusi  pelanggan sosial (rumah ibadah) 2,28 persen atau 179.376 pelanggan, pabrik 0,49 persen atau 38.786 pelanggan.  Sedang kontribusi dari kalangan industri hanya 0,15 persen dari total pelanggan yang ada. (doni sujito)

Whitney Houston Meninggal Dunia, I Will Always Love You

Posted: 12 Feb 2012 09:49 AM PST

maiwanews – Whitney Houston meningal dunia Sabtu 11 Februari 2012 waktu Amerika Serikat. KAbar duka itu disampaian juru bicara Whitney, Kristin Foster, pada Associated Press. Whitney meninggal pada usia 48 tahun.

Pelantun I Will Alweays Love You itu lahir di Newark, New Jersey, Amerika Serikat, 9 Agustus 1963. Wanita dengan nama lengkap Whitney Elizabeth Houston, tidak hanya piawai dalam dunia tarik suara, ia juga sukses sebagai aktris, produser, dan model. Salah satu filmya yang sangat terkenal adalah, The Bodyguard. Dalam film itu ia bermain bersama Kevin Costner.

Sampai saat ini belum ada pernyataan resmi mengenai penyebab kematian peraih 6 Grammy Awards, 30 Billboard Awards, dan 22 American Music Awards tersebut. Withney meninggal di Beverly Hilton Hotel. Pilisi masih melakukan penyelidikan penyebab kematiannya. (Foto Whitney Houston oleh Asterio Tecson)

Pencarian yang tertangkap pada berita ini:

Menyusul Apple, Microsoft Patuhi Aturan Main Hak Paten

Posted: 12 Feb 2012 09:37 AM PST

KOMPAS.com – Microsoft mengumumkan komitmen untuk mengikuti standar paten teknologi nirkabel (wireless). Standar tersebut akan menjamin Microsoft tidak akan memblokir penjualan produk lain karena masalah paten. Pendekatan ini, sebelumnya telah disetujui Apple dan Cisco. Google diperkirakan akan menyusul.

Standar Paten tersebut bernama FRAND (Fair, Reasonable, and Non-Discriminatory). Standar ini menjaga perusahaan untuk melakukan pengecekan dan menghindari penyalahgunaan paten. Dengan FRAND ini, diharapkan perseteruan mengenai paten bisa lebih terarah.

FRAND bisa menghindarkan perusahaan dari monopoli karena kepemilikan Hak Intelektual Properti. Dengan FRAND, perusahaan pemegang paten pertama harus membuat agar produknya bisa digunakan oleh perusahaan manapun. Artinya, sebuah produk bisa dibeli patennya dan dikembangkan oleh perusahaan lain, menjadi produk baru.

Dave Heiner, Vice President dan Deputy General Counsel, Corporate Standars Group and Anitrust Group Microsoft menuliskan dalam blog-nya mengenai hal ini.

“Standar dalam industri TI sangat penting untuk perkembangan internet pada perangkat bergerak. Konsumen dan industri akan menderita jika perusahaan saling memblokir perusahaan lain karena masalah standar paten yang esensial,” jelasnya.

Apple, minggu lalu merasakan pemblokiran akibat masalah paten di Jerman. Apple terpaksa menghapus beberapa produknya dari toko online karena masih terbentur masalah paten dengan Motorola.

Hal ini mendorong Apple menuliskan surat kepada  European Telecommunications Standards Institute (ETSI) agar Eropa juga mengikuti standar FRAND.

Microsoft dalam beberapa bulan terakhir juga telah berbicara dengan ETSI untuk penerapan standar FRAND ini. Microsoft telah manawarkan pandangan bahwa pemegang paten pertama harus membuat paten standar dengan persyaratan yang layak dan tidak diskriminatif bagi perusahaan lain. 

Lumia Coffee Tab, Konsep Tablet Windows Nokia

Posted: 12 Feb 2012 09:27 AM PST

Jay Montano, seorang mahasiswa University of Manchester, membuat konsep desain komputer tablet Nokia yang diberi nama Lumia Coffee Tab

KOMPAS.com – Nokia memang belum menyatakan niat untuk membuat komputer tablet yang berjalan dengan sistem operasi Windows 8, meskipun sistem operasi terbaru dari Microsoft ini juga dirancang untuk perangkat tablet.

Jika di kemudian hari Nokia akan membuat tablet, mungkin nama dan desainnya akan mengadopsi dari smartphone seri Lumia, demikian imajinasi seorang penggemar perangkat Nokia, Joy Montano, yang mengasuh situs My Nokia Blog.

Mengapa Lumia? Pertama, karena desain Lumia terlihat segar dan cukup sukses di masa awal penjualan. Kedua, Nokia membutuhkan bahasa desain yang konsisten untuk perangkat bersistem operasi Windows 8.

Mahasiswa University of Manchester ini membuat konsep desain tablet Nokia yang diberi nama Lumia Coffee Tab, lengkap dengan spesifikasinya. Sebagai salah seorang penggemar Nokia, Montano berharap perusahaan asal Finlandia ini mengambil langkah besar menciptakan tablet berbasis Windows 8 untuk mengembalikan popularitas Nokia.

Walaupun ini hanyalah imajinasi Montano, namun tak menutup kemungkinan Montano memberi banyak inspirasi untuk Nokia. Berikut konsep tablet Lumia Coffee Tab ala Montano. 

Nokia Lumia Coffee Tab (2)

Nokia Lumia Coffee Tab (1)

Nokia Lumia Coffee Tab (3)

 Prediksi spesifikasi:

Prosesor 1.4GHzRAM 512MB (bisa ditingkatkan menjadi 1MB)Memori internal tersedia dalam 3 pilihan: 16/32/64GBLayar 9.7 beresolusi 1280×800 piksel dengan AMOLEDKamera 8MP, kamera depan 2MPOS Windows 8Wi-Fi dan 3G

Hacker Bobol Server Pabrik Pembuat iPad

Posted: 12 Feb 2012 09:24 AM PST

Kelompok pemrotes dari SACOM (Students and Scholars Against Corporate Misbehaviour) berdemonstrasi di lokasi pertemuan tahunan Foxconn di Hong Kong, 18 Mei 2011.

KOMPAS.com — Perlakuan mitra Apple di China, Foxconn, yang semena-mena terhadap karyawannya mendorong sekelompok hacker membobol sistem komputer perusahaan pembuat iPhone dan iPad tersebut. Hal ini mereka lakukan untuk menunjukkan solidaritas terhadap para buruh pabrik di Foxconn, khususnya divisi pengerjaan iPad.

Kelompok hacker tersebut mengumumkan keberhasilan pembobolan server Foxconn di Pastebin. Seperti diketahui, Foxconn, selain sebagai mitra utama Apple, juga merupakan pabrik manufaktur teknologi yang menyuplai perusahaan teknologi, seperti HP, Microsoft, IBM, Intel, dan Dell.

Grup hacker ini memublikasikan koleksi file yang berhasil dicuri dari website Foxconn melalui layanan berbagi file Pirate Bay. File tersebut berukuran 16 MB yang isinya terdiri dari 25 spreadsheet berisi dokumen teks.

Salah satu dokumen berjudul “Company_Sensitive_information.txt” berisi informasi login penting yang dapat membuat seseorang melakukan order palsu di bawah nama perusahaan Microsoft, Apple, IBM, Intel, dan Dell.

“Saya dapat mengonfirmasi bahwa file berisi 700 username dan password dan Apple, IBM, Dell, dan Microsoft ada dalam daftar. File juga berisi tautan ke website Foxconn untuk melakukan order,” papar hacker.

Tindakan hacker ini diakui sebagai kritik dari artikel yang dipublikasikan New York Times tentang nasib  pekerja di pabrik Foxconn yang memproduksi iPad.

Nama Apple kemudian sedikit tercoreng dengan pemberitaan ini. Hacker pada dasarnya menyerang Foxconn dengan tujuan untuk mengkritik kondisi kerja di pabrik milik Foxconn, bukan menyerang Apple.

Namun, di luar itu, petisi dari sejumlah grup kembali bermunculan. Dua di antaranya, secara jelas menyebutkan nama Apple dalam petisi.

Petisi pertama berjudul “Apple: Protect Workers Making iPhones in Chinese Factories” telah ditandatangani oleh 201.032 orang dari target 300.000 tanda tangan.

Petisi kedua berjudul “Apple: Make the iPhone 5 ethically” telah ditandatangani oleh 58.040 orang, dari target 60.000 tanda tangan.

Hingga berita ini ditulis, website Foxconn masih dalam keadaan offline setelah diserang hacker. Hal ini disampaikan oleh Swagg Security dalam akun Twitter-nya, yang mengaku bertanggung jawab terhadap serangan ini.

Inilah Tampilan Office 15, Penerus Office 2010

Posted: 12 Feb 2012 09:13 AM PST

KOMPAS.com — Tahun 2012 ini, Microsoft telah menjanjikan akan merilis software perkantoran dan bisnis Microsoft Office generasi terbaru. Adalah Office 15 yang siap melanjutkan tongkat estafet Office versi sebelumnya, Office 2010.

Saat ini Office 15 masih dalam tahap pengembangan dan sepertinya Microsoft akan segera merilis versi beta tak lama lagi, bisa jadi berbarengan dengan versi beta Windows 8.

Pada Kamis (9/2/2012), Microsoft membocorkan tampilan antarmuka Office 15 yang tampak lebih simpel dan bersih dibandingkan dengan versi pendahulunya. Perusahaan software raksasa ini memperlihatkan tampilan Office 15 untuk Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote dalam sebuah video yang dipublikasi oleh situs teknologi The Verge.

Pada screenshot di bawah ini, Anda dapat melihat bagaimana Microsoft memasukkan lebih banyak ruang putih dan menggunakan lebih sedikit baris agar penggunanya dapat lebih fokus pada konten.


Word

Office 15 Word

Excel

Office 15 Excel

PowerPoint

Office 15 PowerPoint

OneNote

Office 15 OneNote


Ribbon (pita) pada gambar-gambar di atas sedang tidak diaktifkan. Microsoft masih menyembunyikan desain Ribbon pada Office 15.

Jelas terlihat ada indikasi bahwa tampilan Office 15 disesuaikan dengan tampilan Metro yang kelak akan digunakan pada sistem operasi (OS) terbaru Microsoft, Windows 8.

Tidak menutup kemungkinan pula Microsoft tengah menyiapkan Office 15 agar bisa digunakan untuk perangkat tablet bersistem operasi Windows 8.

Partai Aceh Bertekad Menangkan Pemilukada

Posted: 12 Feb 2012 09:00 AM PST

Calon gubernur dan wakil gubernur dari Partai Aceh, Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf. (Antara/ Ampelsa)

VIVAnews – Hari ini, Minggu 12 Februari 2012, Partai Aceh menggelar deklarasi kandidat kepala daerah yang mereka usung dalam Pemilukada Aceh April 2012 mendantang. Deklarasi itu digelar di di Stadion H. Dimuthala Lampineung Banda Aceh.

Partai Aceh yang didirikan oleh mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka itu mengerahkan ribuan massa dari seluruh wilayah di Aceh. Kota Banda Aceh pun disesaki massa simpatisan Partai Aceh yang datang untuk menghadiri deklarasi itu, bahkan sejak Sabtu kemarin.

Iring-iringan truk yang membawa massa simpatisan itu dipenuhi atribut Partai Aceh meski kampanye terbuka Pemilukada Aceh belum resmi dibuka.

Deklarasi kandidat kepala daerah Partai Aceh yang dimulai pukul 10.00 WIB diisi dengan pidato politik bakal calon gubernur dari Partai Aceh, Zaini Abdullah, dan pasangannya bakal calon Wakil Gubernur Muzakir Manaf.

Zaini Abdullah dalam pidatonya menegaskan, Partai Aceh harus memenangkan pemilukada kali ini. "Lima tahun lalu kita sudah memberikan kesempatan kepada orang lain. Kali ini kita harus memenangkannya untuk memajukan rakyat Aceh," ujar Zaini disambut meriah pendukungnya.

Sementara Muzakir Manaf dalam pidato politiknya meminta rakyat Aceh untuk tetap berkomitmen menjaga perdamaian di tanah rencong itu. Muzakir juga berkilas balik mengenai lahirnya Partai Aceh sebagai partai lokal pasca perjanjian damai di Helsinki.

"Partai lokal di Indonesia hanya ada di Aceh. Itu harus kita manfaatkan dengan baik karena merupakan mukjizat bagi Aceh," ujar Muzakir.

Selain dihadiri para tokoh Partai Aceh, deklarasi itu juga dihadiri oleh koalisi pendukung kandidat Partai Aceh. Tampak juga beberapa tokoh Aceh di Jakarta seperti anggota DPR asal Aceh dari Fraksi PKS, Nasir Djamil.

Deklarasi kandidat kepala daerah Partai Aceh itu dilakukan sekaligus untuk menggelar perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW. Deklarasi itu diisi dengan prosesi pesijuek atau pemberian tepung tawar terhadap 15 pasang kandidat bupati-wakil bupati dan walikota/wakil walikota.

Para petinggi GAM seperti Malik Mahmud, Zakaria Saman, dan beberapa ulama pendukung partai Aceh juga ikut menepungtawari para kandidat.

Pencarian yang tertangkap pada berita ini:

Panglima OPM: Konflik Papua Karena Politik

Posted: 12 Feb 2012 08:56 AM PST

Panglima OPM ketika menemui Aburizal Bakrie di kediamannya, Menteng, Jakarta Pusat (VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis)

VIVAnews – Panglima Tentara Pembebasan Papua Organisasi Papua Merdeka (TPN OPM) Alex Mebri memastikan bahwa konflik dan kekerasan di bumi Cendrawasih itu bukan karena keinginan untuk merdeka, melainkan akibat konflik politik yang berkaitan dengan pemilihan umum kepala daerah.

“Mereka bukan OPM, tetapi mengatasnamakan OPM,” kata Alex kepada wartawan ketika menemui Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie, di kediaman Aburizal, Jalan Mangunsarkoro, Jakarta, Minggu, 12 Februari 2011.

Pelaku konflik, Alex mengatakan, menggunakan isu Papua merdeka untuk mencari simpati maasyarakat. Padahal, sesungguhnya adalah persoalan konflik politik praktis. “Dan, rakyat tidak diperhatikan.” Karena itu, kekerasan seolah tidak pernah berhenti, dan rakyatlah yang justru selalu menjadi korban.

Alex mengaku bahwa dia dan para pengikutnya telah membulatkan tekad kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta siap secara bersama-sama pemerintah RI untuk membangun Papua menjadi lebih sejahtera dan damai. Baginya, apa pun caranya, konflik/kekerasan harus segera diakhiri. Jika tidak, Papua tidak akan pernah sejahtera.

Untuk kepentingan itulah, Alex mengaku harus menemui beberapa pihak. Pertama ialah Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie, sebagai pemimpin partai besar yang tentu punya pengaruh besar di negeri ini. Lagi pula, katanya, Partai Golkar masih mendapat tempat di hati rakyat Papua.

Besok, Alex bersama sebelas aktivis Papua lainnya, dijadwalkan bertemu Ketua DPR Marzuki Alie. Lusa, mereka akan menemui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. “Kami akan sampaikan bahwa kami siap bekerja untuk memenuhi pembangunan di Papua,” kata Alex.

Aburizal mengatakan, Papua sesungguhnya tidak menginginkan merdeka dari NKRI, tapi mereka ingin kesejahteraan. Konflik dan kekerasan yang sering terjadi selama ini lebih dikarenakan pembangunan yang tidak merata. “Papua tidak ingin merdeka, mereka hanya ingin sejahtera,” katanya.

Atas dasar hal tersebut, menurutnya, harus ada perbaikan dan perubahan di Papua. Harus ada pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Papua, terutama di daerah-daerah pegunungan yang terpencil dan tidak terjangkau sarana transportasi. Ia meyakini, pendekatan keamanan/militer bukanlah solusi yang tepat untuk seluruh permasalahan di Papua.

Otonomi khusus pun, kata mantan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat itu, belum efektif meningkatkan pembangunan, apalagi kesejahteraan. Sebagian besar rakyat Papua belum menikmati hasil otonomi dengan anggaran triliunan rupiah. Maka, otonomi juga harus dievaluasi dan diperbaiki agar hasilnya mampu dirasakan rakyat di sana. (Laporan M. Arief Hidayat)

Din: Ini Pertanda Negara Tak Hadir

Posted: 12 Feb 2012 08:51 AM PST

Din Syamsuddin (Joko Kristiono/Surabaya Post)

VIVAnews – Ketua Presidium Inter Religion Council (IRC) Din Syamsuddin menyesalkan sikap negara yang lamban dalam menyikapi polemik Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin, Bogor, sehingga jemaat terpaksa beribadat di depan gereja. “Seyogyanya negara memberi tanggapan persoalan besar seperti ini,” kata Din di Jakarta, Minggu, 12 Febuari 2012.

Dia mengatakan bahwa posisinya bukan membela kelompok tertentu, tapi karena keprihatinan atas masalah yang berpotensi memicu konflik antarumat beragama.

Din beranggapan sampai saat ini negara tidak mampu menegakkan konstitusi dan memberikan perlindungan terhadap rakyat agar bisa menunaikan ibadah sesuai keyakinanya. “Ini pertanda negara tak hadir,” katanya.

Din kembali menegaskan bahwa polemik GKI Yasmin bukan persoalan umat beragama, tapi persoalan antarumat beragama dengan negara. Untuk itu, ia meminta jangan dikaitkan seolah terjadi konflik antara umat Islam dengan Kristen.

“Tapi syukurlah umat Kristiani dan Islam dapat menahan diri sehingga tidak terjadi konflik yang mengarah ke perpecahan antarumat beragama,” katanya.

Karena itu, Din meminta penegakan peraturan pembangunan rumah ibadah, mengingat kedua agama ini punya kecenderungan berkembang. “Jika diserahkan ke pasar bebas, yang besar yang menang,” katanya.

Ia juga berpesan bahwa jalinan dialog antarumat beragama harus terus dibangun dari akar sampai atas agar kedamaian antarumat beragama tetap terjalin.

Konflik GKI Yasmin berawal dari dibekukannya izin mendirikan bangunan (IMB) GKI Yasmin pada 2008 di Jalan KH R Abdullah Bin Nuh, Curug Mekar, tak jauh dari kompleks perumahan Yasmin, Bogor. Sengketa pembangunan ini lalu masuk ranah hukum setelah jemaat mengajukan gugatan perdata.

Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bandung pada 4 September 2008, memenangkan gugatan panitia pembangunan Gereja Yasmin tentang Pembekuan IMB. Pemerintah Kota Bogor kemudian mengajukan banding. Namun Pengadilan Tinggi TUN di Jakarta mengeluarkan keputusan yang menguatkan keputusan PTUN Bandung.

Atas keputusan PT TUN Jakarta, Pemerintah Kota Bogor mengajukan kasasi ke MA. Pada Desember 2010, MA telah mengeluarkan keputusan yang pada dasarnya menguatkan keputusan yang dikeluarkan PTUN Bandung dan PT TUN Jakarta. Putusan MA memerintahkan Dinas Tata Kota dan Pertamanan Kota Bogor untuk mencabut surat Pembekuan IMB GKI Yasmin.

Bus Tabrak Delman, Becak, dan Empat Motor

Posted: 12 Feb 2012 08:46 AM PST

Kecelakaan lalu lintas (VIVAnews/Fernando Randy)

VIVAnews – Bus pariwisata Jaya Prima yang hilang kendali akibat rem blong di Jalan Raya Kadipaten, Majalengka, Jawa Barat, baru bisa berhenti setelah meluncur sejauh 200 meter, Minggu 12 Februari 2012.

Informasi dari petugas jaga Polsek Kadipaten, Bripka Oom Saumalina, kendaraan yang akan menuju Cirebon itu sempat menabrak dua truk, tiga delman satu becak, gerobak bakso, empat motor, dan terakhir mobil sedan berwarna silver.

“Banyak yang ditabrak, baru berhenti setelah menabrak mobil,” kata Oom Saumalina.

Sementara sopir bus yang benama Egi Ginanjar, 23 tahun, warga Purwakarta, Jawa Barat, sudah diamankan di Polsek Kadipaten. Dari keterangan awal diakui bus hilang kendali karena rem blong.

“Menunggu dijemput Laka Polres. Sopir masih tidur karena syok,” katanya lagi.

Akibat kejadian ini, dua korban meningal dunia. Mereka atas nama Andi, 18 tahun warga Desa Tomo, dan Jaja Mujahit 42 tahun warga desa Gadu, Cideres, Majalengka.

“Korban luka ada 13 orang. Laki-laki delapan orang dan korban perempuan lima orang,” katanya.

Kronologi Bus Maut di Majalengka

Posted: 12 Feb 2012 08:43 AM PST

Kecelakaan itu bermula saat bus pariwisata Jaya Prima melaju dengan kecepatan tinggi oleng. (ANTARA/Jafkhairi)

VIVAnews - Kecelakaan maut yang terjadi Jalan Raya Cirebon-Bandung atau tepatnya di Kadipaten, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, bertambah menjadi tiga orang. Mereka adalah kusir delman Jaja Mujahid, serta dua pengendara sepeda motor Andri dan Beben.

Beben meninggal dalam perjalanan saat dirujuk ke rumah sakit Mitra Plumbon, Cirebon. Sementara itu, seluruh korban luka masih dirawat di Rumah Sakit Cideres, Kabupaten Majalengka.

Kecelakaan itu bermula saat bus pariwisata Jaya Prima melaju dengan kecepatan tinggi dari arah Bandung, di wilayah Desa Jombol, Kecamatan Kadipaten, bus oleng dan menabrak sepeda motor yang sedang parkir, kemudian berbelok ke kanan menghamtam truk pengangkut genteng.

Tidak sampai di situ, bus kemudian berbelok ke kanan menabrak dua delman, dan berhenti setelah menabrak gapura desa. Sedangkan truk pengangkut genteng hilang keseimbangan lalu menabrak truk di depannya, dan menabrak dua unit sepeda motor.

Tak pelak, kecelakaan yang terjadi pada Minggu 12 Februari ini menambah daftar panjang kecelakaan bus. Sebelumnya, bus Karunia Bakti juga terperosok ke jurang setelah menabrak sejumlah kendaraan dan bus lain di Cisarua, Bogor. Kecelakaan ini mengakibatkan 14 meninggal dan 46 yang lain luka-luka. (sj)

Rusuh Maluku, 3.000 Warga Mengungsi

Posted: 12 Feb 2012 08:40 AM PST

Konflik telah menghanguskan 400 rumah lebih, enam orang meninggal, puluhan lain luka-luka. (VIVAnews/Tri Saputro)

VIVAnews – Pasca konflik antar warga,  sebanyak 3.000 warga Desa Pelauw, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, akhirnya mengungsi di beberapa desa tetangga, seperti Desa Rohomoni, Desa Kabauw, dan Desa Kailolo. Bahkan sebagian lain memilih ke Kota Ambon dan Masohi.

Konflik yang terjadi pada Jumat 10 Februari itu telah menghanguskan 400 rumah lebih, enam orang meninggal dunia, puluhan warga lain luka-luka.

Bupati Maluku Tengah Abdulah Tuasikal saat mengunjungi Tempat Kejadian Perkara (TKP) menyatakan, data korban kemungkinan bisa terbatambah karena fakta di lapangan menggambarkan kondisi di mana sebagian besar rumah warga Pelauw sudah hangus terbakar.  “Kami masih terus memperbarui data,” kata Tuasikal kepada wartawan di Pelauw, Minggu 12 Februari 2012.

Menurut Tuasikal, untuk melakukan rekonsilisasi dan perdamaian, pemerintah kabupaten terlebih dahulu mefokuskan kegiatan kepada pembangunan rumah ketimbang proses-proses perdamaian antar warga. Alasannya rumah adalah harapan utama setiap warga.

Akan tetapi, proses pembangunan kembali pemukiman membutuhkan dana hingga Rp20 miliar. Dana tersebut tidak bisa dibebankan kepada pemerintah Kabupaten Maluku Tengah semata, perlu juga bantuan dari pemerintah provinsi serta pemerintah pusat. “APBD kami sedikit,” katanya.

Menyinggung akar masalah sehingga terjadinya bentrok kemanusiaan tersebut, Tuasikal menilai karena adanya perdebatan soal keyakinan terkait penanggalan hijiriyah sesuai dengan adat dan istiadat yang dianut warga.  “Ini soal keyakinan yang sulit disatukan, tapi usaha untuk rekonsiliasi akan tetap kami tempuh,” ujar Tuasikal.

Sementara itu situasi terakhir desa Pelauw kembali kondusif. Tak ada lagi saling serang dan saling bakar. Pasalnya Desa dengan jumlah penduduk mendekati 6.000 jiwa itu kini hanya diduduki oleh satu kelompok.

“Sudah aman,” kata Perwira Tinggi penanganan situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) Desa Peluaw, Kombes Pol I Putut Prayogi kepada wartawan di Kantor Polsek Pulau Haruku, Minggu.

Kepolisian menempatkan 150 personel atau 2 satuan setingkat kompi (SSK) yang berasal dari berbagai kesatuan di Polda Maluku, sebagai langkah antisipatif penyerangan balik. (Laporan Abdul Karim, Ambon)

Panglima OPM Temui Aburizal

Posted: 12 Feb 2012 08:36 AM PST

Mereka menyatakan diri kembali ke NKRI, dan siap secara bersama-sama membangun Papua. (Banjir Ambarita| Papua)

VIVAnews – Panglima Tentara Pembebasan Papua Organisasi Papua Merdeka, Alex Mebri menemui Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie di kediaman Aburizal di Jalan Mangunsarkoro, Jakarta, Minggu sore, 12 Februari 2011.

Kedatangan Alex bersama sebelas orang aktivis gerakan Papua itu untuk membicarakan solusi bagi segala permasalahan yang terjadi Papua. Kepada Aburizal, mereka menyatakan diri kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan siap secara bersama-sama membangun Papua lebih sejahtera serta berkomitmen mengakhiri seluruh kekerasan seperti yang selama ini terjadi.

Alex, yang dalam kesempatan itu didampingi politisi asal Papua sekaligus anggota Fraksi Partai Golkar DPR Yorris Raweyai mengungkapkan, Papua tidak akan pernah sejahtera kalau masih terus-menerus terjadi kekerasan dan konflik. “Kami, bersama pemerintah Republik Indonesia, siap mencari solusi untuk Papua, dan siap bekerja untuk membangun Papua,” ujarnya.

Aburizal menyatakan sangat gembira dan menyambut baik hal itu. Ia pun mengaku secara pribadi sangat mencintai dan mengagumi Papua. Pengalamannya beberapa kali mengunjungi Papua selama menjadi Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat telah menggugah kesadarannya bahwa permasalahan Papua tidak dapat diselesaikan dengan pendekatan kekerasan/militer, melainkan dengan pendekatan kesejahteraan.

“Papua, terutama di daerah-daerah pegunungan, harus disejahterakan, dibangun jalan raya, ditingkatkan pendidikan dan kesehatannya. Bukan dengan pendekatan militer,” kata Aburizal.

Hal tersebut, ungkapnya, telah berulang kali disampaikan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. “Saya sering katakan kepada Presiden, Papua tidak mau merdeka, Papua ingin sejahtera. Maka, jangan gunakan pendekatan militer, tetapi pendekatan kesejahteraan.”

Aburizal berjanji kepada Alex dan sejumlah aktivis Papua lainnya, bahwa seluruh aspirasi tersebut akan diperjuangkan, melalui Fraksi Partai Golkar di DPR maupun melalui Sekretariat Gabungan partai politik pendukung pemerintah. “Bapak (Alex), saya janji –dan janji saya ini tentu disaksikan Tuhan dan kami semua yang ada di sini– saya akan memperjuangkannya dengan seluruh kekuatan saya. Saya janji.” (Laporan Arief Ulyanov)

Pertemuan Nasir dan Nazar Terpantau CCTV

Posted: 12 Feb 2012 08:32 AM PST

Pertemuan antara Nazaruddin dengan saudaranya, M Nasir, jelang tengah malam di LP Cipinang itu dipergoki Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana. (VIVAnews/Fernando Randy)

VIVAnews – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Amir Syamsuddin menegaskan bahwa pembenahan dan perbaikan sistem di Direktorat Jendral Pemasyarakatan terus dilakukan. Untuk memperbaiki sistem pengawasan, sudah dibangun dan mulai dipasang jaringan kamera intai atau CCTV yang langsung tersambung ke ruang kerja Menkumham dan Wamenkumham.

“Dari hasil pantauan CCTV itulah, pada Rabu malam, 8 Februari, ditemukan penyimpangan yang memerlukan evaluasi menyeluruh,” kata Amir dalam konferensi pers Evaluasi dan Perbaikan Sistem Pemasyarakatan di Kantor Kemenkumham, Jakarta, Minggu 12 Februari 2012.

Untuk lebih mengoptimalkan pengawasan dan pemantauan langsung, kata Amir, CCTV di wilayah DKI Jakarta dan kota besar lainnya akan segera ditambah, serta langsung disambungkan ke ruang kerja Menkumham dan Wamenkumham.

“Memutuskan Lapas/Rutan di DKI Jakarta dan sekitarnya sebagai wilayah bebas pungli dengan konsekuensi sanksi yang tegas, jika masih ditemukan penyimpangan,” tuturnya.

Seperti diketahui, pertemuan antara Nazar dan M Nasir, bersama mantan pengacara Mindo Rosalina Manulang  jelang tengah malam di Lembaga Pemasyarakatan Cipinang, Jakarta, itu dipergoki Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana.

“Saat kami masuk ke ruang tertutup di sana ada Nazaruddin, Djufri Taufik, Arif Rahman, M Nasir, dan beberapa orang lain. Pertemuan itu sekitar jam 11 malam. Ini adalah pertemuan di luar aturan,” kata Denny di Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Kamis 9 Februari. (sj)

Gara-gara Nazar, Empat Pejabat Dicopot

Posted: 12 Feb 2012 08:29 AM PST

M Nazaruddin (VIVAnews/Fernando Randy)

VIVAnews - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia mencopot empat petinggi Lembaga Pemasyarakatan Cipinang dan Kepala Kantor Wilayah DKI Jakarta karena dinilai lalai dan melakukan penyimpangan prosedur kunjungan.

Seperti diketahui, Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana memergoki pertemuan antara tersangka kasus suap pembangunan Wisma Atlet M Nazaruddin dengan saudaranya, M Nasir, tengah malam di LP Cipinang, Rabu 8 Februari.  Padahal Jadwal kunjungan di LP setiap Senin-Sabtu pukul 10.00 – 15.30.

“Kami juga mengganti Kepala Divisi Pemasyarakatan wilayah kerja Provinsi DKI Jakarta,” ujar Menteri Hukum dan HAM, Amir Syamsuddin di Kantor Kemenkumham, Jakarta, Minggu, 12 Februari 2012.

Total yang terkena pencopotan jabatan sebanyak empat orang. Sedangkan penggantinya akan dipilih melalui uji kepatutan dan kelayakan dengan memperhatikan integritas, serta kapasitas calon. “Semuanya dilakukan sebagai bentuk pelaksanaan reward and punishment yang lebih baik,” katanya.

Berikut nama-nama pejabat yang dicopot:
1. Kepala Pengamanan Rutan Cipinang Fonika Affandi
2. Kepala Rutan Cipinang Suharman
3. Kepala Divisi Pemasyarakatan DKI Jakarta Havilludin
4. Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Taswin Tasrif

Pencarian yang tertangkap pada berita ini:

Nasir Tak Punya Kartu Khusus Masuk Rutan

Posted: 12 Feb 2012 08:25 AM PST

Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin (kanan) dengan wakilnya, Denny Indrayana. (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)

VIVAnews – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Amir Syamsuddin menegaskan bahwa hanya 16 anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang telah diberi kartu khusus masuk Rumah Tahanan atau Lembaga Pemasyarakatan. Dari 16 orang pemilik kartu, tidak tercatat nama M. Nasir.

“Di sini tidak ada nama saudara Nasir dari ke-16 orang itu,” kata Amir di Kantor Kemenkumham, Jakarta, Minggu, 12 Februari 2012.

Menurut Amir, tanpa kartu sekalipun, seorang anggota Komisi III DPR kalau datang dan akan melaksanakan fungsi pengawasan ke Rutan atau Lapas, tidak ada alasan untuk menghalanginya. Tetapi perjumpaan Nazar dan Nasir pada Rabu, 8 Februari dilakukan di luar jam kunjungan.

“Saya juga tidak keberatan kalau dilakukan di luar jam kunjungan, asal menghubungi dirjen, staf, atau menterinya sekalian,” katanya.

Amir mengaku akan terus melanjutkan kebijakan yang diterapkan oleh mantan Menkumham Patrialis Akbar. “Tapi semuanya harus sesuai ketentuan yang berlaku,” katanya. (sj)

Ibunda Andrea Hirata Meninggal Dunia

Posted: 12 Feb 2012 08:21 AM PST

Andrea Hirata (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)

VIVAnews - Kabar duka datang dari novelis Andrea Hirata. Ibundanya, Nyi Ayu Masturah Seman Said Harun, meninggal dunia Minggu, 12 Februari 2012.

Menurut sang sahabat, Mira Lesmana, ibunda penulis tetralogi ‘Laskar Pelangi’ itu meninggal di Belitong, sekitar pukul 13.30.

“Terima kasih atas doanya,” kata Andrea saat VIVAnews menyampaikan belasungkawa melalui pesan singkat.

Di mata Andrea, ibundanya adalah seorang pejuang. Meski tinggal di kampung dengan perekonomian terbatas, ibundanya memiliki pemikiran maju bahwa seluruh anaknya harus sekolah sampai SMA. Ibundanya selalu mengajarkan bahwa sekolah itu berguna.

Ibundanya tak ingin Andrea dan saudara-saudaranya menjadi kuli kopra seperti umumnya anak-anak di Belitong. Demi mencukupi kebutuhan pendidikan anak-anaknya, ibundanya membantu mencari nafkah dengan berdagang pakaian.

Ustad Solmed Gelar Resepsi Pernikahan

Posted: 12 Feb 2012 08:18 AM PST

Ustad Solmed usai akad nikah (VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis)

VIVAnews - Ustad Solmed dan April Jasmine, menggelar resepsi pernikahan malam ini, Minggu, 12 Februari 2012. Resepsi ini digelar tepat tiga bulan setelah pasangan itu melangsungkan akad nikah pada 11 November silam.

Resepsi pernikahan pasangan tersebut akan digelar di Masjid Al Bina Senayan, mulai pukul 19.00.

“Sudah nggak deg-degan, Alhamdulillah semua sudah dipersiapkan dengan baik, rencana dari awal sampai akhir. Sudah ditata rapih, jadi saya tinggal berdoa saja menunggu nanti malam,” ujar Solmed kepada VIVAnews.

Sekitar 1.000 undangan telah disebar untuk menghadiri acara syukuran malam nanti. Mulai dari kalangan pejabat negara, ustad, ulama, sahabat, juga keluarga. “Konsepnya Maroko, jadi Islami sekali, berharap semuanya bisa berjalan dengan baik,” ujar Solmed.

Tiga bulan membangun rumah tangga harmonis, pasangan ini seolah menangkis serangkaian tudingan miring yang mengganggu awal pernikahan mereka.

Pernikahan ini merupakan yang kedua bagi Ustad Solmed. Ia berharap pernikahannya ini akan berjalan lancar dan langgeng. Ia tak mau lagi mengingat kegagalan pernikahan di masa lalunya. Ia yakin dengan masa depannya bersama April.

Ingat Mati, Trie Utami Fokus Dunia Spiritual

Posted: 12 Feb 2012 08:13 AM PST

VIVAnews – Artis Trie Utami belakangan ini jarang tampil di publik. Rupanya absennya Trie Utami dari panggung hiburan tanah air karena ia sedang menggeluti dunia spiritualitas.

Saat ditemui di Sanur, Denpasar, Bali, Trie Utami mengakui jika dia saat ini sedang fokus dengan dunia spiritual. Namun, ia membantah jika ia lari dari hiruk pikuk dunia hiburan Tanah Air.

"Saya tidak lari. Tapi saya kembali ke dunia spiritual," ungkapnya, Minggu 12 Februari 2012.

Lantas, apa yang mendasari perempuan yang akrab disapa Mbak I’i itu untuk menggeluti dunia spiritualitas? Rupanya Mbak I’i teringat akan hari kematian.  "Saya ingat mati. Makanya saya mendalami spiritual," ungkap Trie Utami.

Pada kesempatan itu, Trie Utami mengisi acara seminar sehari bertema "Meraih Sukses Sejahtera di Tahun Naga" bersama Bhikkhu Utomo Mahathera.

Trie Utami banyak memberikan kiat-kiat sukses yang lebih banyak berlandaskan ajaran Buddha. Pada kesempatan itu Trie Utami pun menyanyikan lagu rohani yang liriknya sarat ajaran-ajaran Buddha.

Sosok Whitney Houston Tak Tergantikan

Posted: 12 Feb 2012 08:09 AM PST

VIVAnews - Kepergian Whitney Houston menjadi sebuah kehilangan besar di industri musik dunia. Kekuatan suara emasnya yang prima dianggap tak tergantikan.

Piyu ‘Padi’ masih ingat dengan komentar juri American Idol, Simon Cowell, saat seorang kontestan menyanyikan lagu Houston berjudul ‘I Have Nothing’.

“Cowell bilang kalau kontestan itu tidak bisa menggantikan Whitney Houston, Whitney adalah Whitney nggak ada yang bisa menggantikan dia,” ujarnya Piyu saat ditemui di Gedung Nusantara IV, DPR, Jakarta, Minggu, 12 Februari 2012.

Tak hanya memiliki suara emas, peraih enam Grammy Awards itu juga menjadi sosok inspirasional. Wanita yang memiliki jangkauan nada hingga lima oktaf itu memengaruhi gaya vokal penyanyi kondang seperti Christina Aguilera dan Mariah Carey.

Pertengahan 1980an dan akhir 1990an boleh dikata puncak karier Houston. Suaranya menggema di seluruh penjuru dunia dengan angka penjualan album mencapai lebih 200 juta.

“Dia salah satu penyanyi yang menginspirasi banyak orang. ‘I Will Always Love You’ selalu jadi lagu favorit saya,” ujar gitaris grup musik ‘Padi’ itu. “Suaranya nggak ada yang ngalahin.”

Pencarian yang tertangkap pada berita ini:

Bantu Penderita Kanker, Afgan Jual Baju

Posted: 12 Feb 2012 08:05 AM PST

Penyanyi Afgan (VIVAnews/Muhamad Solihin)

VIVAnews – Beberapa musisi dan artis sinetron terlibat dalam aksi kepedulian terhadap anak-anak penderita kanker, termasuk penyanyi Afgan.

Pelantun ‘Panah Asmara’ ini membuka ruang pamer yang menampilkan kaos dan jaket di pusat perbelanjaan Plasa FX, Senayan, Jakarta Selatan. 

Ia mengaku setuju berpartisipasi dalam acara ini karena ia ingin melihat anak-anak itu sembuh.

“Saya senang sekali hari ini. Saya sudah mengunjungi anak-anak penderita kanker. Saya ingin lihat mereka sembuh, ” ujarnya, Minggu, 12 Februari 2012.

Di tengah jadwal yang padat, Afgan menyempatkan diri hadir dan membantu penjualan di stan itu. Lelaki berlesung pipit ini menukas bahwa hasil penjualan lumayan bagus.

“Penjualan sudah lumayan. Banyak yang beli,” ujarnya.

Afgan mengatakan kepada hadirin di acara amal itu bahwa hasil keuntungan dari penjualan hari itu akan disumbangkan ke Yayasan Pita Kuning. Yayasan ini berfokus membantu anak-anak penderita kanker.

“Beli satu sama saja membantu adik-adik penderita kanker. Membeli sekaligus beramal,” tuturnya.

Rayi ‘Ran’, Bisma ‘Sm*sh’, Adit ‘Insomnia’, adalah beberapa selebritas yang juga terlibat dalam even amal. (sj)

0 komentar:

Posting Komentar