Jika Anda Bisa Mengetik dan Akses Internet, Anda Sudah Memiliki Syarat yang Cukup Untuk Menghasilkan Uang dari Bisnis Tiket Pesawat Online

BISNIS YANG BIASA TETAPI MEMILIKI POTENSI PENGHASILAN YANG LUAR BIASA

Apakah anda sudah siap untuk Bergabung??

Bergabung? silahkan klik disini

Selasa, 28 Juni 2011

koran terbaru - berita seputar indonesia

koran terbaru - berita seputar indonesia


Panji Gumilang: Tidak Ada Pemalsuan Surat

Posted: 27 Jun 2011 08:55 PM PDT

Panji tiba di Bareskrim Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (28/6/2011) sekitar pukul 10.05 WIB.

Setelah sempat absen, panjiGumilang akhirnya memenuhi panggilan Mabes Polri. Panji membantah tuduhan pemalsuan dokumen.

Panji tiba di Bareskrim Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (28/6/2011) sekitar pukul 10.05 WIB.

Panji mengenakan baju safari warna kuning gading, peci hitam dan kacamata hitam. Ia didampingi kuasa hukumnya, Ali Tanjung. Panji pun menebar senyuman. “Persiapannya menghadap pemeriksaan,” kata Panji.

Panji menegaskan tidak ada pemalsuan surat seperti yang dituduhkan eks Menteri Peningkatan Produksi NII KW9, Imam Supriyanto. “Tidak ada pemalsuan surat. Kami sedang dimintai keterangan tentang pengaduan pemalsuan,” ujarnya.

Panji juga membantah tudingan dirinya menjadi Imam NII KW9. “Nggak ada itu. Tidak ada tersinggung. Indonesia ini harus meningkatkan kesatuan,” kata Panji.

Ketika ditanya ada aliran dana dari Jawa Tengah, Panji menjawab tidak paham. Panji mengaku tidak membawa dokumen apapun.

“Nggak pakai dokumen, nggak bawa apa-apa. Bawa pikiran saja dan bawa iman,” kata Panji.

Panji Gumilang mangkir dari panggilan pertamanya pada 23 Juni lalu. Pengacaranya, Ali Tanjung mengatakan, kliennya tak bisa hadir karena sibuk mengurusi pesantren.

Pemanggilan ini terkait dengan laporan Imam yang melaporkan Panji Gumilang dengan tuduhan penggunaan dokumen palsu. Panji dilaporkan pasal 263 dan 266 KUHP.

 

sumber

indofiles.org

Bocah Perempuan di India Dipaksa Jadi Lelaki

Posted: 27 Jun 2011 08:52 PM PDT

Kodrat mereka diingkari. Anak perempuan bahkan dibunuh saat masih berada di dalam rahim.

Anak-anak India (AP Photo/ Manish Swarup)

Bagi sebagian keluarga di India, anak perempuan bukanlah berkah yang dinanti-nanti. Bahkan tidak sedikit yang menjadi korban pembunuhan orangtua sendiri. Badan PBB untuk masalah anak-anak, UNICEF, baru-baru ini mencatat hampir 50 juta anak perempuan di India dihilangkan paksa.

Mahar atau mas kawin jadi biang keladi. Emas, kain mahal, dan barang mewah wajib diberikan keluarga perempuan pada mempelai laki-laki saat pernikahan. Tak sampai di situ, aturan tak tertulis mengharuskan keluarga pengantin perempuan untuk terus memberi.

Dulu, karena frustasi tak bisa memenuhi keinginan pihak pria, insiden pembakaran pengantin perempuan kerap terjadi. Dua dekade terakhir, dengan kecanggihan teknologi, ‘pembunuhan’anak perempuan bahkan dilakukan ketika masih jabang bayi. Meski dinyatakan ilegal, praktik aborsi ini kerap terjadi.

Kini, cara baru dilakukan. Para orang tua yang frustasi ingin memiliki anak laki-laki memaksa anak perempuannya — berusia satu sampai lima tahun — menjalani operasi ganti kelamin.

Ahli bedah di Kota Indore dilaporkan telah mengubah kelamin ratusan anak perempuan dalam setahun. Caranya, memompa obat-obatan hormon ke tubuh mereka. Lalu, dokter akan ‘membuat’ penis menggunakan jaringan dari organ kelamin bocah perempuan.

Menurut koran terkemuka India, Hindustan Times, tren mengejutkan ini dikenal sebagaigenitoplasty. Para orang tua kaya asal Delhi dan Mumbai dilaporkan berbondong-bondong ke Indore untuk mendapatkan operasi ganti kelamin dengan biaya relatif murah. Sekitar 2.000 poundsterling atau Rp27,6 juta untuk mengganti kelamin putri mereka.

Picu Kemarahan
Berita penyalahgunaan operasi kelamin — yang umumnya dilakukan untuk mengatasi kelainan genital orang dewasa memicu ekspresi kemarahan di Twitter dan situs jejaring sosial lainnya. Salah satunya dari penulis dan feminis, Talisma Nasreen.
“Ini keterlaluan! Tak hanya membunuh bayi perempuan yang belum lahir, mereka bahkan mengubah kelaminnya menjadi laki-laki melalui genitoplasty,” kata dia. Ia menuntut dokter yang melakukan bedah kontroversial itu meringkuk dalam bui.

Kendati dokter telah memperingatkan bahwa berubah menjadi pria akan membuat anak mereka mandul, para orang tua bergeming.

Tujuh ahli genitoplasty India sesumbar bahwa masing-masing dari mereka telah mengubah 200 sampai 300 anak perempuan menjadi laki-laki. Hanya satu di antara korban berusia lebih tua dari 14 tahun — batas usia yang disyaratkan untuk menjalani operasi ini.
Para dokter berdalih, mereka melakukan operasi pada mereka yang tak memiliki ketidakcocokan antara organ luar dan dalam. Tapi tak ada sistem di India yang mengontrol klaim ini.

Apapun itu, anak-anak perempuan malang jadi korban. “Saat ia tumbuh besar ia akan mengalami kebingungan soal jenis kelaminnya. Ini akan berakibat pada kelainan seksual dan masalah psikologis,” kata ahli bedah anak, Milind Joshi.

Namun, seorang orang tua yang mengoperasi anaknya yang berusia 2 tahun berdalih, “saya pikir anak saya tak akan kebingungan dengan gendernya. Saat ia tumbuh dia akan hidup normal — selama ia tak punya kenangan soal operasi itu.” (Daily Mail/ren)

Sumber :

Indofiles.org

Bikin Tali Handuk, 13 Tahanan Kabur

Posted: 27 Jun 2011 08:50 PM PDT

Para tahanan yang merupakan imigran gelap itu menggali tanah di bawah pintu menara, lalu membuat tali panjang yang terbuat dari handuk dan sprei untuk keluar dai menara itu.

Sebanyak 13 tahanan Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Surabaya di Bangil, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, kabur, seperti diungkap Kepala Seksi Pengamanan Rudenim Agus Sudarmanto, Selasa (28/6/2011).

Para tahanan yang merupakan imigran gelap itu menggali tanah di bawah pintu menara, lalu membuat tali panjang yang terbuat dari handuk dan sprei untuk keluar dai menara itu.

Mereka diduga berhasil kabur setelah mengelabui petugas dengan membuat keributan kecil. Ke-13 tahanan itu terdiri dari 12 warga negara Afghanistan dan seorang warga negara Pakistan.

Menurut Agus Sudarmanto, ke-13 tahanan itu kabur pada Minggu malam (26/06/2011). Pelarian itu diduga sudah dipersiapkan sebelumnya.
Para tahanan yang merupakan imigran gelap itu menggali tanah di bawah pintu menara, lalu membuat tali panjang yang terbuat dari handuk dan sprei untuk keluar dai menara itu.

“Pada saat yang sama, kelompok imigran yang lain membuat keributan kecil yang menyita perhatian petugas” jelasnya.
Petugas Rudenim hanya berhasil menggiring tiga tahanan kembali ke ruang tahanan. “Karena saat itu kondisinya tak memungkinkan, petugas kami terbatas” jelasnya.
Kepala Rudenim Surabaya Iwan Rustiawan mengatakan, kaburnya tahahan imigran tersebut tidak terlepas dari terbatasnya jumlah personel Rudenim, sementara jumlah tahanan melebih kapasitas.
Saat ini, tahanan imigran gelap itu berjumlah 93 orang. Mereka berasal dari Myanmar, Iran, Bangladesh serta Afganistan. “Sedangkan jumlah petugas kamin hanya 17 orang” katanya.

Tak hanya itu, faktor keterlambatan penanganan dari pihak UNHCR membuat kesabaran para tahanan habis karena harus hidup dalam ruangan tahanan yang melebihi kapasitas. Satu ruang tahanan yang idealnya berisi delapan orang harus dihuni 13 hingga 15 orang.
Pada Februari 2011 lalu lima tahanan berhasil kabur setelah menggergaji jendela ruang tahanan.

Pihak Rudenim Surabaya berharap ada penambahan petugas agar pengawasan terhadap tahanan imigran gelap dapat ditingkatkan.

 

sumber

indofiles.org

KPK Telisik Peranan Nunun dari Purnawirawan TNI

Posted: 27 Jun 2011 08:43 PM PDT

Hari ini KPK memeriksa purnawirawan TNI Suyitno untuk diperiksa sebagai saksi bagi istri mantan Wakapolri tersebut.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus menelusuri peranan Nunun Nurbaetie yang telah menjadi tersangka dalam kasus cek pelawat. Hari ini KPK memeriksa purnawirawan TNI Suyitno untuk diperiksa sebagai saksi bagi istri mantan Wakapolri tersebut.

“Suyitno diperiksa sebagai saksi untuk NN,” tutur Kabag Pemberitaan dan Informasi KPK Priharsa Nugraha ketika dihubungi, Selasa (28/6/2011) pagi.

Selain Suyitno, hari ini KPK kembali memeriksa purnawirawan TNI lainnya, Darsup Yusuf. Darsup yang kemarin juga diperiksa bersama purnawirawan lainnya, Sulistiyadi, telah datang di kantor KPK sejak pukul 09.00 WIB.

Dalam kasus suap pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), mantan anggota Komisi IX DPR dari Fraksi TNI/Polri, Udju Djuhaeri telah divonis bersalah menerima cek pelawat senilai Rp 500 juta oleh Pengadilan Tipikor. Udju juga dinyatakan terbukti membagi-bagikan cek sejenis kepada tiga rekan satu fraksinya yakni Darsuf Yusuf (TNI AD), R Sulistyadi (TNI AL) dan Suyitno (TNI AU)

Berikut jumlah uang yang diduga diterima oleh para purnawirawan berdasarkan dakwaan jaksa:
1. Udju Djuhaeri Rp 500 juta
2. R Sulistiyadi Rp 500 juta
3. Suyitno Rp 500 juta
4. Darsup Yusuf Rp 500 juta

Namun dari keempatnya, KPK hanya menyidik Udju yang merupakan legislator dari unsur kepolisian. Sedangkan berkas penyidikan tiga purnawirawan TNI diserahkan KPK kepada Polisi Militer. Darsuf, Sulistiyadi dan Suyitno akan disidang pada Juli mendatang.

 

sumber

indofiles.org

Pemerintah Akan Biayai Satgas TKI

Posted: 27 Jun 2011 08:37 PM PDT

Calon tenaga kerja Indonesia (TKI)

Pembentukan satgas penanganan 303 TKI terancam hukuman mati merupakan salah satu rekomendasi Sidang Paripurna DPR

Pemerintah akan membiayai operasional satuan tugas penanganan 303 TKI terancam hukuman mati. Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi tidak akan membiayai sendiri seluruh kebutuhan anggaran satgas.

Kepala Pusat Hubungan Masyarakat Kemennakertrans, Suhartono, menjelaskan hal ini di Jakarta, Senin (27/6/2011) malam, untuk meluruskan berita berjudul “Muhaimin: Rp100 Miliar untuk Satgas TKI”.

“Kemennakertrans memang memiliki dana Rp 100 miliar hasil efisiensi dari APBN 2011. Tetapi kami tidak mengalihkan seluruh dana itu untuk membiayai operasional Satgas TKI karena akan ada kontribusi dari kementerian dan lembaga negara lain yang terlibat,” ujar Suhartono.

Pembentukan satgas penanganan 303 TKI terancam hukuman mati merupakan salah satu rekomendasi Sidang Paripurna DPR dalam membenahi masalah TKI.

Rekomendasi lainnya adalah memberlakukan jeda penempatan sementara TKI pekerja rumah tangga ke Arab Saudi yang telah diputuskan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berlaku mulai 1 Agustus 2011.

 

sumber

indofiles.org

Presiden Telah Tetapkan KSAD

Posted: 27 Jun 2011 08:33 PM PDT

Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI George Toisutta

Pengganti ini dipilih Presiden berdasarkan beberapa nama yang diajukan Panglima TNI.

Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono mengatakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah memutuskan pengganti Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal George Toisutta, Senin (27/6/2011) malam.

Pengganti ini dipilih Presiden berdasarkan beberapa nama yang diajukan Panglima TNI. Ketika ditanya mengenai nama pengganti George Toisutta, Panglima mengatakan belum dapat mengumumkannya.

“Saya belum bisa mengumumkan sebelum ada surat keputusannya. Kita lihat saja,” kata Panglima kepada para wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (27/6/2011) malam.

Pada Senin malam itu, Panglima mengaku dipanggil Presiden guna membicarakan calon KSAD tersebut. Pada pertemuan, selain Panglima, hadir pula tiga kepala staf TNI, Menko Polhukam Djoko Suyanto, dan Menteri Sekretariat Negara Sudi Silalahi.

 

sumber

indofiles.org

Agustus Jadi Puncak Kemarau

Posted: 27 Jun 2011 08:33 PM PDT

Dalam satu pekan ke depan wilayah DKI Jakarta masih berpeluang diguyur hujan ringan.

Cuaca Panas (AP Photo/Jens Meyer)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, puncak musim kemarau tahun ini terjadi pada pertengahan Agustus mendatang. BMKG menyatakan, suhu udara yang terjadi saat ini masih dalam kondisi normal yakni, 32-34 derajat celcius.

“Jadi sebaiknya penggunaan air lebih hemat dan aktivitas bakar-membakar dikurangi,” ujar Kepala Pusat Perubahan Iklim dan Kualitas Udara BMKG, Edvin Aldrian.

Menurut Edvin, suhu udara belakangan ini dirasakan warga Jakarta terasa lebih panas. Tidak ada perbedaan suhu yang besar antara satu wilayah dengan lainnya. Seperti di Jakarta Selatan dan Jakarta Utara. Sebab, semua mendapat cahaya matahari yang sama.

Hanya saja, kata dia, perbedaannya terletak pada faktor non iklim karena kawasan Jakarta Selatan lebih banyak memiliki pepohonan yang membuat daerah itu menjadi lebih sejuk.
Edvin mengungkapkan, dampak awal musim kemarau Jakarta adalah polutan yang terkungkung di lapisan udara bawah atau ketinggian yang kurang dari 1 kilometer pada sore hari. “Polutan yang berasal dari asap kendaraan, asap pabrik, dan debu itu tidak tercuci karena tak ada hujan,” tambahnya.

Kepala Bidang Informasi BMKG, Harry Tirto Djatmiko menjelaskan, dalam satu minggu ke depan wilayah DKI Jakarta masih berpeluang diguyur hujan ringan dengan intensitas 0,1-5,0 milimeter per jam atau 5-20 milimeter per hari.
Sementara hujan sedang berpotensi terjadi di wilayah Jakarta bagian selatan pada sore dan malam hari dengan intensitas 5,0-10,0 milimeter per jam atau 20-50 milimeter per hari.

“Potensi hujan terjadi karena adanya daerah tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah Barat Sumatera serta pumpunan angin yang memanjang dari Sumatera bagian utara hingga Laut Cina Selatan,” kata Edvin.

Penumpukan massa udara terjadi di wilayah Sumatera bagian utara dan selatan, Kalimantan bagian barat dan utara, Sulawesi bagian tengah, Maluku bagian tengah, Papua Barat serta Papua bagian utara dan tengah. “Itu memberi dampak pada kemungkinan terjadinya hujan di wilayah Jakarta dan sekitarnya,” terang dia. (ren)

Sumber :

Indofiles.org

Polisi Fokus pada Pemalsu Surat

Posted: 27 Jun 2011 08:28 PM PDT

Komjen Pol Ito Sumardi

“Kita lebih dulu fokuskan ke pemalsu surat,” kata Kepala Bareskrim Polri Komjen Ito Sumardi,

Badan Reserse Kriminal Polri membagi penanganan kasus dugaan pemalsuan surat keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa Pemilu tahun 2009 di wilayah Sulawesi Selatan I menjadi tiga kelompok. Ketiga kelompok itu adalah pemalsu surat, pengguna surat (Komisi Pemilihan Umum), dan pihak yang memerintahkan memalsukan surat.”Kita lebih dulu fokuskan ke pemalsu surat,” kata Kepala Bareskrim Polri Komjen Ito Sumardi, Senin (27/6/2011) di Jakarta.

Ito mengatakan, dalam waktu dekat tim penyidik akan meningkatkan penyelidikan menjadi penyidikan setelah berkoordinasi dengan pihak kejaksaan. Tim yang diketuai Wakil Kepala Bareskrim Polri Irjen Matius Salempang itu tengah mempersiapkan surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) untuk dikirim ke kejaksaan.

Namun demikian, Ito belum bersedia mengungkapkan siapa saja yang akan ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut. “Yang jelas kita akan meningkatkan ke proses penyidikan kasus ini,” ujar Ito.

Selain menggunakan KUHP, polisi tengah mempertimbangkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2007 tentang Pemilu. “Kita harus hati-hati, jangan sampai nanti di pengadilan ternyata masuk UU Pemilu, kan gugur demi hukum,” ungkap Ito.

 

sumber

indofiles.org

Arsyad Kenal Dewi Yasin, Sejak Dewi Masih Kecil

Posted: 27 Jun 2011 08:22 PM PDT

“Dewi saya kenal masih kecil, dia di Haji Baum, saya di Cendrawasih, kakaknya camat sekretaris Minahasa,

Mantan Hakim MK, Arsyad Sanusi ternyata memiliki hubungan yang cukup dekat dengan Dewi Yasin Limpo. Arsyad mengenal Dewi sejak politikus Hanura itu masih kecil.

“Dewi saya kenal masih kecil, dia di Haji Baum, saya di Cendrawasih, kakaknya camat sekretaris
Minahasa, saya ketua pengadilan,” kata Arsyad di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Selasa (28/6/2011).

Arysad pun mengakui Dewi pernah bertandang ke kediamannya. Namun Arsyad membantah pertemuan itu untuk mengkonsep surat palsu MK.

“Itu (pertemuan) fakta jangan salah nak, bukan legal fact, datang sebagai keluarga, anda datang itu fakta tak bisa disangkal kebenarannya,” katanya.

Dewi Yasin Limpo adalah caleg dari Partai Hanura yang diuntungkan dengan keberadaan surat palsu. Dengan surat palsu itu ia ditetapkan sebagai calon terpilih menuju gedung senayan. Namun, karena ketahuan MK, penetapan Dewi sebagai calon terpilih pun dibatalkan.

Selain memanggil Arsyad, hari ini Panja Mafia Pemilu juga akan memintai keterangan putri Arsyad, Neshawati. Mereka berdua diduga terlibat dalam pemalsuan surat MK. Berkali-kali mereka membantah tudingan tersebut.

 

sumber

indofiles.org

Libia tolak penangkapan Gaddafi

Posted: 27 Jun 2011 08:15 PM PDT

Mohammad al-Qamoodi mengatakan kalau pengadilan itu merupakan alat negara Barat untuk mengadili para pemimpin dunia ketiga

ICC menyebut Gaddafi dan anaknya sebagai penjahat perang.

Libia menolak surat perintah penangkapan Kolonel Muammar Gaddafi yang dikeluarkan Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC).

Libia mengatakan, ICC yang menuduh pemimpin Libia melakukan kejahatan kemanusiaan itu tidak memiliki otoritas untuk melakukan penangkapan.

Dalam surat yang dikeluarkan ICC tersebut juga diperintahkan untuk menangkap dua tangan kanan Qadafi – kepala badan intelejen Abdullah al-Sanussi dan anaknya Saif al-Islam.

Menteri Kehakiman Libia, Mohammad al-Qamoodi mengatakan kalau pengadilan itu merupakan alat negara Barat untuk mengadili para pemimpin dunia ketiga

Dia menambahkan Pemimpin revolusi dan anaknya tidak memegang jabatan di pemerintahan dan oleh karena itu tidak terkait atas klaim yang diajukan ICC terhadap mereka.

Bagaimanapun ketua majelis hakim ICC, Sanji Monageng mengatakan ada banyak alasan yang bisa dipercaya kalau tiga orang tersebut bertanggung jawab atas kejahatan dan pembunuhan terhadap warga sipil.

Kolonel Gaddafi dianggap memiliki kontrol mutlak dan tidak dipertanyakan lagi atas kepemimpinan di Libia dan mengeluarkan kebijakan untuk menumpas aksi demonstrasi dengan berbagai cara, termasuk menggunakan pasukan keamanan, tegas ICC.

Pertempuran berlanjut

Komisi Transisi Nasional Ibrahim Dabbashi menyambut keputusan ICC dengan menyatakan orang-orang terdekat Gaddafi semestinya sekarang mendesaknya untuk mundur.

“Saya rasa mereka harus meyakinkan Gadafi untuk mundur dan mencoba untuk menyelamatkan diri sendiri dan anggota keluarganya, katanya.

Sementara itu dalam medan pertempuran, pasukan pemberontak dilaporkan semakin mendekati 10km dari Tripoli.

Wartawan BBC Mark Doyle melaporkan pertempuran senjata berlangsung di kawasan gurun dan bebatuan diantara Bir al-Ghanem dan Bir Ayyad.

Pemberontak terlihat lebih siap dan mendapatkan bantuan persenjataan di kawasan ini.

Iring-iringan truk terlihat berisi penuh pasukan pemberontak yang menggunakan seragam dan persenjataan baru.

 

sumber

indofiles.org

Tinggalkan Borobudur, Richard Gere ke Bali

Posted: 27 Jun 2011 07:57 PM PDT

Richard Gere berangkat ke Bali pagi tadi pukul 07.40 WIB.

Kunjungan Richard Gere ke Borobudur (AP Photo/Slamet Riyadi)

Setelah mengunjungi Candi Borobudur dan Candi Mendut kemarin, pagi ini aktor Hollywood Richard Gere sudah meninggalkan Magelang menuju Pulau Dewata, Bali. Selama berkunjung ke Candi Borobudur, Richard Gere dengan keluarganya sangat terkesan.

“Richard Gere mulai meninggalkan Hotel Amanjiwo Borobudur sekitar pukul 06.00 WIB. Dan berangkat ke Bali dengan naik pesawat Garuda Indonesia dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta pukul 07.40 WIB,” kata Direktur PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Purnomo Siswo Prasetyo, Selasa, 28 Juni 2011.

Selama berkunjung di Candi Borobudur dan Candi Mendut, dia menjelaskan, aktor yang membintangi film Pretty Woman tersebut beserta keluarganya sangat terkesan dengan sambutan masyarakat yang cukup hangat dan baik. Selain itu, dia takjub dengan keindahan Candi Borobudur dan Mendut.

“Mereka berjanji akan mengunjungi lagi Candi Borobudur," kata Purnomo yang ikut mendampingi Richard Gere di Bandara Adisutjipto.
Sebelumnya, selama mengunjungi Borobudur, berbagai kegiatan dilakukan oleh aktor kawakan ini. Ia bahkan melakukan semedi di candi terbesar di Indonesia itu.

Saking kagumnya dengan Candi Borobudur, sesampainya di komplek candi ini, Richard Gere langsung naik ke atas puncak atau stupa utama Candi Borobudur untuk melihat-lihat pemandangan. Setelah itu dilanjutkan pradaksina, yakni ritual berkeliling untuk menghormati candi.

Sumber :

Indofiles.org

Mengungkap Jejak Narkotika di Dalam Penjara

Posted: 27 Jun 2011 07:52 PM PDT

Catatan BNN, 4 kasus narkotika terungkap dari balik jeruji besi di Nusakambangan

Cerita pemakaian, peredaran, serta pengendalian narkotika di balik tembok penjara seakan tidak pernah tutup buku. Seperti berbagai macam pengungkapan yang telah dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam memberantas para pelaku kejahatan narkotika.

Misalnya seperti yang terakhir pengungkapan gembong narkotika yang melibatkan desertir Densus 88 di LP Kerobokan, Denpasar yang berakhir ricuh pada Sabtu (25/6) dini hari lalu.

Catatan BNN, 4 kasus narkotika terungkap dari balik jeruji besi di Nusakambangan. Parahnya para napi yang seharusnya menjalani hukuman justru rata-rata malah berperan sebagai pengendali besar barang haram tersebut.

Di Nusakambangan saja, ada beberapa nama besar pelaku kejahatan narkotika. Sebut saja Boski, warga negara Nepal, di Lapas Pasir Putih, Yoyo ‘Jenderal Kecil’, Hertoni dan Kalapas Narkotika Marwan di Lapas Narkotika, dan juga Kapten yang baru-baru ini ditangkap BNN di Lapas Narkotika.

Jumlah itu belum termasuk penangkapan-penangkapan di penjara lain yang tidak termasuk ke dalam golongan penangkapan signifikan BNN.

“Ini semua tidak mengada-ada. Semuanya berdasarkan fakta yang terungkap di lapangan bila peredaran dan pengendalian ada di balik tembok penjara. Boski merupakan mata rantai dari peredaran dan pengungkapan semuanya bermuara di balik Lapas,” kata Direktur Narkotika Alami, Brigjen Pol Benny Joshua Mamoto, saat berbincang dengan detikcom, Senin (27/6).

Pola peredaran dan pengendalian yang dilakukan para pelaku terbilang apik. Mereka berkomunikasi dengan menggunakan sandi tersendiri untuk memuluskan narkotika masuk ke dalam penjara dan selanjutnya beredar antar penjara di Nusakambangan. Komunikasi yang dibangun antar sindikat ini adalah dengan menggunakan handphone yang juga merupakan salah satu barang yang dilarang berada di lingkungan lapas.

“Narkotika yang masuk itu termasuk untuk konsumsi di dalam Lapas,” ujar Benny yang menjadi think tank dalam setiap pengungkapan.

Peredaran di dalam penjara, kata Benny, tidak dilakukan napi itu sendiri. Setiap pelaku membentuk sindikasi dalam setiap aksi. Termasuk keterlibatan petugas sampai dengan pimpinan penjara. Dia mencontohkan kasus penangkapan Kalapas Narkotika Nusakambangan Marwan yang mejadi kaki tangan Hertoni dalam peredaran narkotika.

“Itu semua dilakukan karena adanya imbalan,” jelas Benny.

Keterlibatan sipir dalam memfasilitasi setiap pelaku juga diduga disebabkan faktor kurangnya disiplin atasan yang kemudian diadopsi para bawahannya. “Guru kencing berdiri murid kencing marathon,” canda Benny.

Lalu, mengapa lapas menjadi pilihan para pelaku narkotika dalam setiap kendali dan peredaran?

“Mereka yang berada di dalam berpikir penjara aman dari kejaran polisi, bebas berkomunikasi, dan aktivitas mereka tidak akan terpantau pihak luar,” jawab Benny.

Benny menjelaskan, bukan pekerjaan mudah untuk melakukan pengungkapan dalam sindikat narkotika. Penanganan khusus dan cepat diperlukan dalam setiap pengungkapan kasus narkotika. Karena itu dunia internasional menggolongkan kejahatan narkotika termasuk ke dalam extra ordinary crime.

“Kalau menuunggu nanti, dikhawatirkan barang bukti yang ada menghilang dan akan menjadi lain cerita bila tertangkap tangan,” ujar Benny.

Dalam setiap pengungkapan BNN pun selalu membuat strategi agar tidak keburu kecolongan dari para pelaku atau sindikat peredaran yang hendak membocorkan penangkapan target operasi. Strategi itu berdasarkan pengalaman pengungkapan sebelumnya dan membaca karakteristik kejahatan pelaku. Itu semua guna menyelamatkan barang bukti saat penggeledahan dilakukan.

“Saat penangkapan Boski kita diminta menunggu berjam-jam. Alhasil barang bukti yang dicari tidak ada dan penguatan alat bukti sekadar keterangan saksi,” jelas pria asal Sulawesi Utara ini.

Padahal, imbuh Benny, surat izin penangkapan dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan sudah berada di tangan. “Dengan senjata pasal 138 Undang-undang 35 tahun 2009 yang menyebutkan barang siapa yang berusaha menghalangi penyidikan kasus narkotika akan ditangkap, akhirnya kita (BNN) diizinkan membawa pelaku,” katanya.

Menurut Benny kata kuci dari maraknya pengungkapan narkotika di penjara adalah selama para pelaku dapat berkomunikasi bebas dengan dunia luar serta keterlibatan pihak berwenang Lapas menjadikan narkotika marak di balik jeruji besi.

“Padahal setiap Kalapas memiliki senjata Letter F. Artinya bila setiap penghuni laps berbuat ulah mereka bisa tidak memberikan remisi atau pembebasan bersyarat napi. Itu senjata yang paling ditakuti para napi,” katanya.

 

sumber

indofiles.org

Kebakaran Mal di Makassar, 2.500 Kios Ludes

Posted: 27 Jun 2011 07:47 PM PDT

“95 persen dilalap api, dan menyisir ke seluruh kios termasuk Matahari Department Store.”

Kebakaran (Antara/FB Anggoro)

Kebakaran hebat meludeskan bangunan Makassar Mall pertama di Makassar, Selasa dini hari, 28 Juni 2011. Bangunan berlantai empat itu juga ikut melalap Gerai Matahari Department Store, yang dikenal sebagai gerai pertama di Makassar.

Sekretaris Asosiasi Pedagang Makassar Mall, Akbar, mengatakan api yang membakar bangunan sekitar pukul 00:00 WITA itu tidak menyisakan satu lantai pun. “95 persen dilalap api, dan menyisir ke seluruh kios termasuk Matahari Department Store yang berada di lantai 3,” kata Akbar di lokasi kejadian.

Akbar menjelaskan, Matahari Department Store itu mulai menempati Makassar Mall sekitar awal 1990-an dan hingga kini bertahan di tempat tersebut.

Selain Matahari Department Store, api tersebut juga meludeskan sebanyak 2.500 kios milik pedagang. Mereka menempati lantai basementhingga lantai 2.

Menurut Akbar, bangunan seluas 2,5 hektare itu terdiri atas lantai basement yang diisi oleh barang kelontong, aksesoris, dan mainan anak-anak. Kemudian lantai satu, 90 persen pakaian jadi, lantai 2 diisi oleh pedagang tekstil dan pecah belah, sedangkan lantai 3 diisi oleh Matahari Department Store.

Saat ini, pemadam kebakaran belum berhasil menguasai api. Puluhan unit pemadam kebakaran yang hilir mudik hanya menyiram api dari pinggir bangunan Makassar Mall. Mereka terlihat kesulitan memasuki kios-kios di bangunan tersebut.

Belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran di pasar yang lebih dikenal dengan Pasar Sentral itu. Informasi yang dihimpun, sumber api masih simpang siur. Sejumlah saksi menyebut, sumber api berasal dari Matahari Department Store. Namun, sumber lain menyatakan api berasal dari blok B lantai dua, dari kios pakaian jadi.

Sumber :

Indofiles.org

Incoming search terms:

  • makassar mall terbakar youtube

Pencarian yang tertangkap pada berita ini:

, gambar kebakaran makassar mall (sentral) dini hari (1) , makassar (1)

Panja BPIH Tinjau Persiapan Pelaksanaan Haji 2011

Posted: 27 Jun 2011 07:47 PM PDT

“Saya kira harus ditinjau, mungkin akhir bulan ini. Anggota Panja akan dibagi dua,”

Kegiatan yang dijadwalkan akhir bulan Juni ini akan memfokuskan pada pengawasan kesiapan pemondokan, transportasi, dan katering.
Panitia Kerja (Panja) Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) Komisi VIII DPR RI akan meninjau langsung persiapan pelaksanaan ibadah haji tahun 1432 H/2011 M. Kegiatan yang dijadwalkan akhir bulan Juni sampai awal Juli 2011 ini akan memfokuskan pada pengawasan kesiapan pemondokan, transportasi, dan katering.

“Saya kira harus ditinjau, mungkin akhir bulan ini. Anggota Panja akan dibagi dua,” kata Ketua Komisi VIII DPR RI Abdul Kadir Karding kepada Jurnalparlemen.com di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (27/6).

Panja BPIH Komisi VIII DPR RI, menurut Karding, saat ini masih melakukan penyisiran indirect cost BPIH, sebagai salah satu upaya untuk mencari efisiensi BPIH tahun 2011. “Kita masih mengkaji serius masalah penerbangan. Dari tiga maskapai itu Batavia, Saudi Arabian Airlines, dan Garuda penawarannya berbeda-beda. Kita akan mendiskusikannya dengan Kementerian Perhubungan juga,” ujar politisi PKB ini.

Mengenai kemungkinan dipakainya acuan harga penerbangan dari Kementerian Perhubungan, Karding mengatakan ada kecenderungan harga dari Kementerian Perhubungan yang rata-ratanya 1.839 dolar AS akan dipakai. “Karena Kementerian Perhubungan mempunyai hitungan untuk ini,” jelasnya.

Karding menambahkan, Panja BPIH juga masih mendalami komponen lainnya yakni pemondokan dan katering. Kementerian Agama sendiri mengaku sudah menyelesaikan penyewaan pemondokan di Mekkah sebanyak 93 persen yang berada sekitar 2.500 meter dari Masjidil Haram. “Ya kita sulitnya di sana, sudah sejak awal menyewa sebelum ada pembahasan. Kita lihat saja nanti yang penting tidak ada penyalahgunaan,” pungkas anggota DPR RI Dapil Jateng VI ini

 

sumber

indofiles.org

Incoming search terms:

  • bpih tahun 2011

Pencarian yang tertangkap pada berita ini:

, biaya haji 2011 (1) , haji 28 juni 2011 (1)

Meski Terlambat, Mantri Desa Situbondo Apresiasi Putusan MK

Posted: 27 Jun 2011 07:43 PM PDT

Atas putusan ini, dirinya kini memiliki payung hukum untuk memberikan pertolongan kepada masyarakat.

Mantri desa asal Situbondo Irfan Wahyudi mengucapkan terimakasih atas putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memperbolehkan mantri memberikan pertolongan layaknya dokter untuk daerah terpencil. Putusan ini membuatnya tenang untuk melakukan tugas kemanusiaan.

“Saya senang sekali, sangat senang atas putusan MK ini. Terimakasih MK,” kata Irfan saat berbincang dengan detikcom pagi ini, Selasa, (27/6/2011).

Atas putusan ini, dirinya kini memiliki payung hukum untuk memberikan pertolongan kepada masyarakat. Selama ini dirinya merasa dilematis bila ada masyarakat meminta bantuan. Karena bila memberikan pertolongan, ancaman hukuman selalu menghantuinya.

“Kita jadi repot, semua ini menjadikan kita mendua,” terang Irfan.

Namun putusan MK ini dirasa terlambat, sebab dirinya telah diputus bersalah oleh Pengadilan Negeri Situbondo pada 7 Juni 2011 lalu. Ketua Majelis Hakim, I Made SH menyatakan tindakannya bersalah karena melanggar UU Kesehatan. Dia dijatuhi hukuman pidana denda Rp 10 juta, dan apabila tidak mampu membayar denda diganti dengan hukuman pidana penjara 5 tahun.

Namun dengan dicabutnya pasal pidana dalam kondisi darurat dalam UU Kesehatan oleh MK, dia sekarang bisa memberikan pertolongan dengan optimal.

“Tidak apa terlambat, yang penting ke depannya kita tidak takut lagi menolong masyarakat,” tuntas Irfan.

Seperti diberitakan sebelumnya, MK mengabulkan permohonan mantri desa Kuala Samboja, Kutai Kertanagara, Kalimantan Timur, Misran. Akibat dikabulkannya permohonan ini, maka mantri desa di seluruh Indonesia boleh melayani masyarakat layaknya dokter atau apoteker dalam kondisi darurat. MK menilai pasal 108 ayat (1) UU No 36/2009 bertentamgan dengan UUD 1945. Pasal yang tidak mempunyai kekuatan hukum yaitu sepanjang frase ” … harus dilakukan oleh tenaga kesehatan yang mempunyai keahlian dan kewenangan sesuai peraturan perundangan,”.

 

sumber

indofiles.org

Pembocor Identitas Intel Seksi Divonis Berat

Posted: 27 Jun 2011 07:43 PM PDT

Alexander Poteyev dinyatakan melakukan pengkhianatan tingkat tinggi. Ia divonis 25 tahun.

Anna Chapman di atas panggung catwalk (AP Photo/ Luba Sheme )

Mantan perwira intelijen senior Rusia dihukum sebagai pengkhianat. Sebab, ia membocorkan 10 mata-mata yang menyamar di Amerika Serikat.

Dalam persidangan secara in absentia, Pengadilan Militer Distrik Moskow menyatakan, Alexander Poteyev bersalah melakukan desersi dan pengkhianatan tingkat tinggi. Vonis 25 tahun dijatuhkan dalam sidang yang tertutup untuk umum ini. Hakim juga mencopot semua gelar dan tanda jasanya.

Menurut pengadilan, Poteyev bertugas mengawasi para agen tidur Rusia di AS dalam kapasitasnya sebagai kepala deputi Departemen ‘S’ –di bawah dinas intelijen luar negeri Rusia.

Sidang berlangsung tanpa kehadiran Poteyev yang melarikan diri ke AS, beberapa saat sebelum FBI mengumumkan mereka mengungkap jaringan mata-mata Rusia musim panas lalu. Ia bahkan meninggalkan istrinya.

Di pengadilan, hakim menguak pesan pendek perpisahan Poteyev dengan istrinya, Marina. “Mary, tetaplah tenang. Aku akan pergi, tidak untuk waktu yang singkat. Tapi, selamanya. Aku tak menginginkan ini, tapi aku harus melakukannya,” tuturnya.

Di antara intel yang dikuak Poteyev adalah si intel cantik, Anna Chapman yang jadi selebritas mendadak gara-gara skandal ini.

Perempuan bernama asli Anna Kuschenko itu juga ikut bersaksi di pengadilan. Seperti dimuat media Rusia, Chapman mengatakan, Poteyev diduga menyediakan informasi yang mengarah pada penangkapannya dan sembilan agen lainnya.

Kata Chapman, ia ditangkap setelah mata-mata AS yang menyamar mengontaknya menggunakan kode rahasia yang hanya dia dan Poteyev yang tahu. Saat itu, firasat buruk sudah ia rasakan.

Agen yang lain mengkonfirmasi pernyataan Chapman. Bahwa hanya Poteyev yang punya akses terhadap data-data sensitif yang memungkinkan aparat AS menangkap mereka.

Kemudian yang terjadi, para mata-mata itu lantas dideportasi ke Rusia, diduga ditukar dengan intel AS yang ditahan di Rusia. Ini adalah skandal mata-mata sejak Perang Dingin.

Meski sempat jadi bagian dari kontroversi, penangkapan justru menguntungkan para intel Rusia. Pulang ke negerinya, mereka dianggap pahlawan.
Terutama Anna Chapman. Tak hanya muncul di peluncuran Roket Soyuz TMA-01M dan jadi model sampul majalah Maxim. Di malam pergantian tahun 2011, intel cantik itu dinobatkan menjadi ‘woman of the year’ alias perempuan paling populer oleh stasiun televisi pemerintah Rusia, Channel One.

Selain bekerja di sebuah bank papan atas di Rusia, ia juga mendapat posisi sebagai pemimpin pemuda di partai politik Perdana Menteri Putin.

Sumber :

Indofiles.org

Menkum HAM Akan Bertemu Kepala BNN Bahas Kerusuhan di LP Kerobokan

Posted: 27 Jun 2011 07:34 PM PDT

“Iya, pukul 11.00 WIB saya ketemu Kepala BNN di kantor saya, di Kuningan bahas Kerobokan,”

Menteri Hukum dan HAM, Patrialis Akbar siang ini akan bertemu dengan Kepala BNN Goris Mere. Pertemuan tersebut akan membahas kerusuhan yang terjadi di Lapas Kerobokan, Bali.

“Iya, pukul 11.00 WIB saya ketemu Kepala BNN di kantor saya, di Kuningan bahas Kerobokan,” ujar Patrialis usai bertemu dengan Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Abdulrahman Al Khayyath di kediaman Al Khayyat Jl Teuku Umar, Menteng, Jakpus, Senin (27/6/2011) malam.

Politisi PAN itu enggan menjelaskan lebih detail terkait pertemuannya dengan Goris Mere itu. “Nanti saja, besok,” tutup Patrialis.

Kerusuhan pecah di LP Kerobokan, Bali, saat Badan Narkotika Nasional (BNN) hendak menangkap Hariadi, narapidana kasus narkoba yang diduga terkait kasus yang sama dari dalam sel. Sedikit terkuak, petugas BNN menemukan napi kasus narkoba tengah pesta narkoba di dalam sel.

“Dia ada di dalam sel lain, sedang main judi. Di situ petugas menemukan pisau, sabu, jarum suntik, jadi dia bukan tidur, sedang main pesta narkoba,” kata Direktur Pemberantasan Narkotika Alami, Brigjen Pol Benny Mamoto, Minggu (26/6).

Penggerebekan dilakukan BNN pada Sabtu (25/6) dini hari. Hariadi diduga terlibat jarigan narkotika dari hasil pengembangkan penangkapan jaringan narkotika di Jakarta oleh BNN.

Kerusuhan terjadi sekitar pukul 01.00 WITA, Sabtu (25/6). Narapidana mengamuk sesaat setelah aksi sweeping BNN yang diantar langsung oleh Kalapas Siswanto.

Razia narkoba oleh BNN yang bertujuan menangkap gembong narkotika di dalam LP Kerobokan, Hariadi mendapat perlawanan dari para narapidana. Hariadi adalah desersi setelah dipecat dari keanggotaan Densus 88 Anti Teror. Dalam aksi penggerebekan itu, menyebabkan Kalapas Siswanto terluka. Ia diserang oleh narapidana yang tak puas dengan aksi razia narkotika.

 

sumber

indofiles.org

Tuding Mark Up dalam Pembangunan Gedung DPD, Marzuki Dinilai Khilaf

Posted: 27 Jun 2011 07:31 PM PDT


ketika Pak Marzuki mengatakan itu, dia dalam posisi seorang Marzuki Alie, bukan sebagai ketua DPR.

Ketua DPR Marzuki Alie mengungkap dugaan terjadinya praktek mark up proyek pembangunan kantor DPD sebesar Rp 30 miliar per provinsi. DPD pun segera membantah tudingan tersebut dan menyebut Marzuki khilaf.

“Itu tentu tidak benar. Saya kira ketika Pak Marzuki mengatakan itu, dia dalam posisi seorang Marzuki Alie, bukan sebagai ketua DPR. Marzuki sedang khilaf mungkin, atau sedang bermimpi barangkali,” ujar Wakil Ketua DPD Laode Ida saat dihubungi detikcom, Selasa (28/6/2011).

Menurut Laode, rencana pembangunan gedung DPD di setiap provinsi sudah ada anggarannya dalam APBN 2011. Pembangunan tersebut akan dilakukan oleh pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum (PU).

“Dan pembangunan itukan sudah disetujui oleh pemerintah dan DPR juga. Makanya saya bingung kok tiba-tiba dia menyampaikan bahwa itu ada mark up,” terangnya.

Menurut Laode, saat ini pembangunan gedung DPD masih dalam tahap rencana, belum sampai pada tahap tender. “Lalu di mana mark up kalau sekarang ini masih dalam tahap rencana,” terangnya.

Menurut Laode, pembangunan gedung DPD adalah amanat UU Parlemen. Di mana DPD nantinya harus memiliki kantor di setiap provinsi untuk menyerap aspirasi di daerah.

“Harusnya kalau ada masalah, sebenarnya kan Pak Marzuki bisa ketemu dan duduk bareng dengan pimpinan DPD, bukan malah menyerang yang tidak jelas seperti ini. Mungkin sedang khilaf Pak Marzuki,” imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan Marzuki menyatakan adanya dugaan praktek mark-up dalam pembangunan kantor baru DPD. Marzuki mengungkap dugaan terjadinya praktek mark-up proyek pembangunan kantor DPD sebesar Rp 30 milyar per provinsi. Pernyataan Marzuki dianggap menyulut permusuhan dua lembaga tinggi ini.

 

sumber

indofiles.org

Bursa Transfer: Raphael Varane Resmi Dikontrak Real Madrid Hingga 2017

Posted: 27 Jun 2011 07:28 PM PDT

Bursa Transfer: Raphael Varane Resmi Dikontrak Real Madrid Hingga 2017. Real Madrid akhirnya resmi mendapatkan tandan tangan bek muda Prancis, Raphael Varane, dari RC Lens. Bek berusia 18 tahun itu akhirnya sepakat dengan tawaran Madrid, dan menandatangani kontrak berdurasi enam tahun.

Raphael Varane tiba di Madrid sejak Senin (27/6) pagi untuk menjalani serangkaian tes medis. Dan, kurang sehari, bek muda asal Lens tersebut akhirnya resmi mengikat kontrak hingga 2017.

Varane tiba di klinik Sanitas-La Moraleja  sekitar pukul 15.00 waktu setempat. Setelah lolos serangkaian tes kesehatan, Varane akhirnya bertemu presiden Madrid, Florentino Perez untuk menyelesaikan urusan kontrak.

Saat tiba di Madrid, pemain tim nasional Prancis itu menyatakan kegembiraannya bisa bergabung dengan El Merengues. Meski pihak Madrid tidak mencantumkan nilai transfer Varane, namun AP melansir kemungkinan besar transfer bek tengah itu sekitar 10 juta euro atau setara Rp123 miliar.

Sebelum menandatangani kontrak dengan Madrid, Varane juga menjadi incaran Manchester United dan Paris Saint Germain. Meski Lens degradasi ke Divisi II Liga Prancis, namun permainan Varane musim lalu sangat impresif.

Nama Varane sendiri dikabarkan direkomendasikan Zinedine Zidane kepada Mourinho. Direktur Real Madrid itu menilai Varane memiliki seperti pelatih timnas Prancis, Laurent Blanc, ketika masih bermain.

Varane menjadi pembelian keempat Mourinho musim ini setelah Nuri Sahin, Hamit Altintop dan Maria Callejon. Kedatangan Varane, membuat Madrid kemungkinan besar akan menjual Ezequiel Garay.

Varane sendiri merupakan salah satu bek potensial yang dimiliki Prancis. Sejak melakoni debut pada November 2010 lalu, Varane mengoleksi 24 penampilan bersama Lens, dengan koleksi 2 gol.

Penampilan apik bersama Lens membuat banyak klub kepincut dengan kemampuan bek berpostur 191 cm itu. Salah satunya Manchester United. Namun, pada akhirnya Varane memilih bergabung dengan Madrid untuk enam musim mendatang.

Tag: Agen SBOBET, Agen IBCBET, Agen 338a

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Survei LSI Warning Bagi SBY & Pemerintahannya

Posted: 27 Jun 2011 07:27 PM PDT

Hasil riset ini dinilai merupakan peringatan dini bagi SBY untuk mampu menciptakan prestasi besar dalam pemerintahannya

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) dalam risetnya menyebut tingkat kepuasan publik atas kinerja Presiden SBY mengalami penurunan. Hasil riset ini dinilai merupakan peringatan dini bagi SBY untuk mampu menciptakan prestasi besar dalam pemerintahannya agar dikenang baik oleh masyarakat.

“Survei itu kan fungsinya untuk barometer dan indikator pemerintah. Kalau bagi SBY itu warning, peringatan dini,” ujar Pengamat Birokrasi dan Kebijakan Publik dari LIPI, Syafuan Rozi dalam perbincangan dengan wartawan, Senin (27/6/2011) malam.

Syafuan berpendapat, tidak ada salahnya SBY menanggapi hasil riset LSI yang menunjukkan kepuasan publik atas kinerjanya sebagai presiden merosot ke angka 47,2 persen. Terlebih karena SBY tidak lagi mencalonkan diri pada 2014 mendatang, maka diperlukan prestasi yang baik agar SBY bisa dikenang masyarakat ketika tak lagi menjabat.

“Bagi SBY itu nothing to lose, karena dia tidak akan mencalonkan lagi pada 2014 mendatang. Tapi agar seorang pemimpin bisa meninggalkan kenangan sejarah yang baik, perlu ditanggapi survei tersebut. Karena saat dia tidak menjabat nanti, ada sesuatu yang bisa dikenang,” tuturnya.

Syafuan menilai, sebuah survei bisa berdampak politik dan teknis. Dengan menanggapinya, maka publik akan melihat bahwa SBY juga mendengarkan suara rakyatnya.

Lebih lanjut, SBY diharap mampu mengambil langkah konkret untuk meninggalkan prestasi yang layak dikenang. Terlebih, dalam kasus Nazaruddin yang menyita perhatian publik, SBY berada dalam posisi dilematis. Jika ditanggapi terlalu dalam maka bisa terjadi intervensi hukum, namun jika tidak, publik akan menunggu-nunggu apa sikap SBY terhadap Nazaruddin.

“SBY dalam posisi dilematis, apa yang dilakukan serba salah. Oleh karena itu, dia harus bisa menunjukkan prestasi lain untuk bisa dikenang setelah tidak menjabat lagi nanti,” cetus Syafuan.

Syafuan mencontohkan, mantan Perdana Menteri Malaysia Mahatir Muhammad. Saat diminta turun dari posisinya oleh partai oposisi, Mahatir masih mampu menorehkan prestasi besar, seperti pembangunan Menara Petronas dan kereta bawah tanah yang menjadi kebanggaan Malaysia.

“SBY dalam 2-3 tahun terakhir harus membikin prestasi besar. Ada rencana membangun monorel, jembatan antar pulau. Supaya ke depan Indonesia lebih baik, sebaiknya membangun infrastruktur yang baik,” sarannya.

Terkait masalah hukum dalam kasus Nazaruddin, Syafuan menilai, SBY sebagai seorang presiden tak seharusnya mencampuri terlalu dalam. Sebagai lembaga eksekutif, SBY salah jika mencampuri terlalu jauh masalah hukum dalam Partai Demokrat.

“Terkait masalah itu (Nazaruddin) dengan sendirinya akan selesai, itu butuh proses. Tapi membangun infrastruktur sebagai visi tahun 2013 harus dilakukan,” tandasnya.

Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pada awal Juni 2011 menunjukkan tingkat kepuasan publik atas kinerja Presiden SBY merosot ke angka 47,2 persen. Merosotnya popularitas SBY, hingga di bawah angka 50 persen sejak terpilih dalam Pilpres 2009, ini salah satunya disebabkan oleh kasus Muhammad Nazaruddin.

Survei LSI menunjukkan tingkat kepuasan publik atas kinerja SBY sejak Januari 2011 ke Juni 2011 turun hingga 9,5 persen, yakni dari 56,7 persen ke 47,2 persen. Survei ini dilakukan di lapangan dari tanggal 1 Juni-7 Juni 2011. 1.200 Responden dipilih secara acak yang mewakili 33 provinsi, disurvei dengan metode wawancara tatap muka. Margin of error plus minus 2,9 persen.

 

sumber

indofiles.org

Ribuan Gay Turki Berpawai

Posted: 27 Jun 2011 07:24 PM PDT

Pawai besar ini adalah satu-satunya yang terjadi di negara-negara Muslim.

Kaum Homoseksual di New York (AP/Hans Pennink)

Ribuan warga homoseksual Turki berbaris melewati Istanbul dalam sebuah pawai untuk menyerukan peningkatan hak serta penerimaan sosial lebih besar bagi komunitas mereka di negara itu. Pawai ini sudah berjalan selama sembilan tahun.

Sebagaimana dilansir dari laman CNN, pawai besar ini adalah satu-satunya yang terjadi di negara-negara Muslim. Ribuan kaum lesbian, gay, biseksual, dan transgender membawa berbagai atribut serta bendera pelangi sambil menuju ke salah satu kawasan tersibuk Istanbul.

Para partisipan meneriakkan slogan-slogan anti pelecehan dalam bahasa Turki dan Inggris seperti: “Kami ada di mana saja, berusahalah untuk terbiasa”, “Menari, menarilah, lawan homophobia, menarilah’ sembari meniup peluit”
Mereka melakukan itu sambil melambaikan bendera besar bercorak pelangi, yang selama ini menjadi simbol kaum homoseksual.
Sementara itu, Lembaga Hak Asasi Homoseksual Turki menuduh pemerintah tidak menerima kehadiran mereka. Mereka merujuk pada pernyataan yang dikeluarkan Aliye Kayaf, Menteri Urusan Perempuan dan Keluarga, dalam sebuah wawancara tahun 2010: “Saya percaya bahwa homoseksualitas adalah kelainan biologis serta penyakit, sehingga harus diobati.”

Seorang wanita peserta pawai yang terlihat bahagia saat berdansa dengan pasangannya terlihat mengenakan jilbab merah menyala dengan kotak-kotak merah, hitam, serta dasi putih. Wanita bernama Iz tersebut, yang memang mengenakan jilbab dalam kehidupan sehari-harinya, mengatakan bahwa homoseksualitas bukanlah hal yang aneh dalam Islam.

“Agama bukanlah hal yang statis. Agama telah dan masih akan ditafsirkan sepanjang sejarah, serta perlu berevolusi,” kata Iz yang menolak menyebutkan nama belakangnya.

Banyak peserta yang baru secara terang-terangan mengakui jati diri mereka pada pawai yang berlangsung Minggu, 26 Juni 2011 itu, sambil berharap terjadi peningkatan kesadaran sosial terhadap kaum mereka.

Dalam sebuah pembahasan dengan Uni Eropa, Turki diketahui secara perlahan meningkatkan kesadaran tentang adanya kaum homoseksual dan sedang membuat perubahan agar sesuai dengan kabijakan hukum dan HAM Uni Eropa.

Sumber :

Indofiles.org

Pensiun Dini PNS Baik Untuk Mengatasi Kelebihan Birokrasi

Posted: 27 Jun 2011 07:23 PM PDT

Dengan dilakukannya pelatihan, para PNS yang pensiun dini akan mampu mengembangkan diri mereka ke bidang lain,

Wacana pensiun dini bagi Pengawai Negeri Sipil (PNS) sudah selayaknya direalisasikan oleh pemerintah. Pasalnya, hal ini dinilai bermanfaat bagi perubahan birokrasi Indonesia ke arah lebih baik dan lebih efisien.

“Salah satu cara reformasi birokrasi adalah dengan pensiun dini. Sebagian besar PNS mempunyai kapasitas untuk memiliki profesi lain. Kalau diberi dana cukup untuk modal kerja, mereka bisa alih profesi. Hal seperti itu bisa merampingkan birokrasi kita,” ujar Pengamat Birokrasi dan Kebijakan Publik dari LIPI, Syafuan Rozi dalam perbincangan dengan wartawan, Senin (27/6/2011) malam.

Saat ini, birokrasi yang ada di pemerintahan cenderung membengkak, namun dengan fungsi yang tidak jelas. Banyak sekali birokrasi di daerah yang mengalami lonjakan, dimana banyak pegawai yang dikaryakan tanpa kontrak yang hanya memperpanjang mata rantai birokrasi. Dengan adanya pensiun dini, struktur birokrasi yang terlalu ‘gemuk’ ini akan bisa dirampingkan.

“Ini baik untuk mengatasi kelebihan birokrasi. Saya mendukung karena tidak ada pilihan lain. Birokrasi besar, tapi fungsi tidak jelas,” tuturnya.

Dengan dilakukannya pelatihan, para PNS yang pensiun dini akan mampu mengembangkan diri mereka ke bidang lain, seperti menjadi pengusaha, industri kerajinan, kuliner, perdagangan dan sebagainya. Dan hal ini otomatis akan berdampak baik bagi perekonomian.

“Itu menjadi reformasi birokrasi ke bidang lain, bisa membangun dan lebih efisien. Orang akan melihat pilihan profesi itu banyak, bukan hanya PNS saja tapi ada pengusaha juga,” ucapnya.

Sebelumnya, anggota Komisi XI DPR RI Kemal Azis Stamboel menyatakan, program pensiun dini dibutuhkan mengingat alokasi belanja pegawai yang terus membengkak, belum ditambah dengan beban keuangan lanjutan seperti untuk pensiun dan tunjangan hari tua.

Kemal menyebutkan, pos belanja pegawai secara keseluruhan cukup besar di mana pemerintah mengalokasikan Rp 180, 6 triliun atau sekitar 14,7 persen dari APBN 2011. Pada saat yang sama, alokasi anggaran yang ditetapkan untuk mendukung pencapaian sasaran-sasaran prioritas infrastruktur hanya Rp 67, 4 triliun.

“Anggaran tersebut sangat besar dan boros jika dibandingkan dengan produktivitas PNS saat ini yang dipandang rendah. Rendahnya produktivitas kerja terlihat dari aktivitas pegawai yang begitu santai di hampir semua instansi pemerintah sehingga membuat sistem rantai birokrasi menjadi terlalu panjang dan memicu ekonomi biaya tinggi,” kata Kemal, Sabtu (25/6).

 

sumber

indofiles.org

Wow, Lukisan Motherboard!

Posted: 27 Jun 2011 07:20 PM PDT

Indofiles.org, Arizona – Seniman ini menciptakan lukisan dengan menggunakan motherboard sebagai kanvasnya.

Ada banyak seniman yang menciptakan karya seni dari hardware komputer bekas. Hasilnya bagus, indah, dan inspiratif. Salah satunya adalah seni instalasi yang dibuat oleh Marek Tomasik, asal Polandia.

Tapi lain halnya dengan Tomasik, Joe Dragt, seniman lukis asal Arizona, menghasilkan karya seni lukisan indah dengan menggunakan motherboard sebagai kanvasnya.

Awalnya Dragt melihat komputer tua yang sudah tidak terpakai. “Kerumitan pola sirkuitnya sempurna untuk membuat latar belakang menakjubkan. Saya minta izin untuk membawa satu unit dan melakukan percobaan. Semua bermulai dari sana,” ujarnya.

Dragt sudah menjual banyak lukisannya selama lebih dari 15 tahun. Tapi ide membuat lukisan dari komputer bekas mucul baru-baru ini saja. Selain indah, bahannya pun gratis, sehingga dapat menghemat sekaligus menyelamatkan lingkungan dengan mengurangi limbah barang elektronik.

Hasil lukisan motherboard dia beri judul dengan istilah komputer, yakni “Memory” dan “RAM”. Hasil karya seninya itu ia jual secara online di situs pribadinya. [mor]

Layanan Cari Kerja Via Facebook

Posted: 27 Jun 2011 07:18 PM PDT


Indofiles.org, Jakarta – Monster meluncurkan layanan aplikasi BeKnown untuk mencari kerja melalui situs sosial Facebook.

BeKnown adalah aplikasi cari kerja keluaran Monster yang diluncurkan kemarin. Aplikasi ini dapat diakses lewat Facebook. Pengguna Monster dapat mengimpor data mereka ke Facebook dan menggunakan layanan itu untuk menampilkan curriculum vitae profesional mereka untuk cari kerja.

Matthew Mund, pemimpin proyek ini punya alasan kenapa ia menumpangkan BeKnown pada Facebook, yakni karena pengguna Facebook yang sudah mencapai 700 juta. Ia berharap dengan menggunakan Facebook, penerimaannya akan besar di masyarakat. Cara strategis ini banyak dilakukan pengembang aplikasi sekarang.

"Anda dapat mengatur identitas profesional dan identitas sosial Anda dalam satu tempat," ujar Mund dari Monster.
Monster sudah mampu mendapatkan sekitar 38 juta pengunjung baru setiap bulannya.

Tapi untuk BeKnown, saingan terbesar Monster tentu adalah LinkedIn, yang sudah menetapkan diri sebagai situs jejaring sosial pencari kerja pertama, yang sangat sukses dan punya lebih dari 100 juta anggota.

Monster juga bukan pertama yang menumpang pada Facebook. Sebelumnya sudah ada BranchOut, yang punya anggota sekitar 800.000. [mor]

Ketika Asteroid Tak Memusnahkan Dinosaurus

Posted: 27 Jun 2011 07:14 PM PDT

Indofiles.org, Jakarta – Banyak orang mengetahui, dinosaurus punah karena asteroid raksasa menghantam Bumi. Meski ada faktor lain, apa jadinya jika asteroid tak memusnahkan dinosaurus?

Seperti diketahui banyak orang, kepunahan dinosaurus karena jatuhnya asteroid selebar 10 km di Semenanjung Yukatan, Meksiko, 65 juta tahun silam. Bekas peristiwa itu hingga kini masih bisa disaksikan, yakni kawah selebar 117 km sedalam 10 km, Chicxulub.

Saat itu, asteroid memicu mega-tsunami, kebakaran di seluruh planet dan membuat sinar matahari tertutup debu dari asteroid yang menyebabkan periode pendinginan global yang menjadi 'dalang' matinya banyak tanaman.
Jika dinosaurus tak punah seperti ditulis Science, saat ini Anda masih bisa melihatnya. Diketahui, dinosaurus memiliki dominasi di daratan untuk jangka lama, yakni selama 160 juta tahun.

Jika hal ini terus berlanjut, primata seperti manusia tak akan ditemui. Menurut Professor Geosains Damian Nance di Ohio University, mamalia memang bisa berevolusi berdampingan dinosaurus, namun evolusi mamalia tak akan seperti saat ini, manusia akan berevolusi tak lebih besar dari tikus.

Para peneliti memperkirakan, kepandaian 'dinosauroid' berevolusi pada manusia. Hal ini didasarkan pada ukuran otak manusia yang besar yang dulunya hanya seukuran otak burung. [mor]

0 komentar:

Posting Komentar